Rabu 16 September 2020 – Renungan Pagi

4 Kali dibaca, Diterbitkan: 15 September 2020        


MINGGU XV SES. PENTAKOSTA

KJ. 405 : 1, 2 – Berdoa

Amsal 9 : 1 – 9

Undangan Hikmat

Ketika kita menerima undangan entah itu undangan pesta nikah, ulang tahun. undangan makan malam, tentu ini adalah sesuatu yang menyenangkan. Apalagi undangan tersebut berasal dari kerabat dekat, orang yang sangat kita kenal ataupun orang-orang yang mempunyai arti tersendiri dalam kehidupan kita. Namun ketika kita mendapatkan undangan lebih dari satu pada hari yang sama, tentu kita harus mengambil keputusan dengan mempertimbangkan banyak hal. Bagaimana membuat keputusan di tengah bebarapa pilihan? Mana yang harus didahulukan? Bagaimana solusinya?

Lembaga Alkitab Indonesia memberi judul perikop Amsal 9 : 1-18 yaitu “Undangan hikmat dan undangan kebodohan”. Kita dapat secara langsung menerima undangan hikmat sebab tentunya memiliki alasan yang kuat dalam menjalankan kehidupan ini. Alasan itu adalah bahwa rumah hikmat sempurna adanya, bila dibandingkan dengan rumah kebodohan. Rumah hikmat mempunyai tujuh tiang penyangga dimana berbagai-bagai pengetahuan tersimpan di sana. Dalam rumah hikmat orang bersukacita sebab terdapat hidangan hikmat yang memberi hidup dan yang menyediakan kekuatan bagi orang benar. Mampir di rumah hikmat akan menuntun langkah orang benar seperti cahaya fajar yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari, sedangkan rumah kebodohan dipenuhi dengan roti kefasikan dan anggur kelaliman (band.Amsal 4:17-18).

Orang yang merenungkan Firman Tuhan siang dan malam tidak akan salah memilih sekalipun dalam situasi yang sulit. la akan memilih undangan hikmat yang penuh dengan pesta iman. Di sana pengetahuan akan kebenaran menjadi hidangan terlezat yang menguatkan setiap orang. Mari penuhilah undangan Sang pemilik Hikmat supaya engkau tidak tersesat dalam dunia yang penuh dengan kegelapan.

KJ. 405 : 3
Doa : (Tuhan penuhilah kami dengan hikmat-Mu agar tidak tersesat)

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *