RABU, 17 APRIL 2019 – Renungan Malam

68 Kali dibaca, Diterbitkan: 17 April 2019        


 

MINGGU I PRAPASKAH

KJ.424 : 2 – Berdoa

MENJADI TELADAN DALAM PELAYANAN

Yohanes 13 : 12 -20
“sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Ku-perbuat kepadamu” (ay.15)

Salah satu misi GPIB adalah menjadi teladan dalam kehidupan yang dimulai dari lingkup keluarga. Itu berarti bagi GPIB menjadi teladan dalam hidup bergereja dan bermasyarakat yang merupakan cara menerjemahkan firman Tuhan di dalam kehidupan setiap hari. Masih berlanjut pada proses pembasuhan yang diakhiri dengan sebuah nasihat, dorongan dan motivasi yang Yesus tujukan kepada murid-murid-Nya. Sebuah pertanyaan diajukan oleh Yesus kepada murid-murid-Nya : “Mengertikah kamu apa yang telah Ku-perbuat kepadamu?”.

Sama seperti Petrus, murid-murid yang lain pun tidak mengerti maksud Yesus. Meskipun murid-murid-Nya memandang Yesus sebagai Tuhan dan Guru namun Yesus tidak mempersoalkan kehormatan-Nya ketika melakukan pembasuhan kaki. Pembasuhan yang dilakukan merupakan cara Yesus memotivasi murid-murid-Nya untuk menjadi teladan dalam kehidupan bermasyarakat (ayat 12-17). Pembasuhan kaki oleh Yesus kepada murid-murid merupakan sebuah undangan masuk pada komunitas yang lebih mencintai pelayanan seorang terhadap yang lain. Perbuatan Yesus sebagai simbol perubahan yang harus terjadi dalam setiap pribadi murid Yesus yang menempatkan diri sebagai pelayan yang mencintai pelayanan dan mengembangkan cinta kasih dalam komunitas yang lebih luas lagi.

Membangun kehidupan yang saling percaya, membawa kita pada kehidupan yang damai. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa ada orang yang dapat mengkhianati kepercayaan yang telah dibangun bersama (ayat 18-20). Oleh karena itu Yesus dalam nasihat-Nya mengatakan : “Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya”. Yesus memotivasi agar kita menjadi teladan dalam kehidupan berkeluarga, bergereja dan bermasyarakat dengan belajar mencintai pelayanan dan mengembangkan pelayanan dengan menerapkan cinta kasih kepada semua orang.

KJ. 424: 2
Doa : (Tuhan, tolong kami untuk hidup sesuai dengan teladan-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *