RABU, 18 JULI 2018 – Renungan Pagi

52 Kali dibaca, Diterbitkan: 18 July 2018        


 

RABU, 18 JULI 2018
Renungan Pagi

KJ.396 : 1,2 – Berdoa

KASIH KARUNIA TUHAN

Mazmur 40:1-11
“Ia mengangkat aku dari lobang kebinasaan dan lumpur rawa….(ay.3)

Jika seorang bersalah kepada sesamanya, biasanya kelakuannya akan menjadi salah tingkah bila bertemu dengan yang bersangkutan. Apalagi berdosa kepada Tuhan, jiwanya tidak tenteram dan hidupnya tidak nyaman. Hal itu dialami oleh raja Daud dalam bacaan pagi ini.

Dalam Mazmur 40 ini, raja Daud mengungkapkan bahwa Ia gelisah terhadap murka Tuhan Karena dosanya. Ia merendahkan diri di hadapan Tuhan, berdoa mengakui dosanya dan mohon pengampunan-Nya. Ia minta tolong (ayat-2) kepada Tuhan untuk kelepasan dari dosa dan hukuman berat yang akan menimpanya. Ia menaruh Taurat Tuhan di dadanya dan melakukan kehendak Tuhan (ayai-9). Daud merasakan damai, ia tahu bahwa  Tuhan mendengar dan datang kepadanya (ayat-1).”
Daud bersukacita dan mulutnya penuh nyanyian baru untuk memuji Tuhan (ayat-4) sebab kasih dan keselamatan dari Tuhan ia terima kembali (ayat-11). Bagaimana Daud mengetahui bahwa Tuhan mendengar dan melawat dia dalam kesedihannya? Karena ia merasakan kegelisahannya hilang, diungkapkan pada ayat-3. Sungguh luar biasa iman dan penyerahannya kepada Tuhan hingga bisa mengalami hal demikian.
Pengalaman raja Daud menggugah kita untuk tidak keras hati dan tinggal dalam dosa. Jika sadar telah berbuat dosa, hendaknya segera sujud di hadapan Tuhan untuk mengakui dosa kita. Seperti pada pengalaman raja Daud, Tuhanpun akan menunjukan kasih karunia kepada kita yang mendambakan kelepasan dari dosa dan hukuman-Nya. Mari datang mengaku dosa dan kita menerima anugrah pengampunan-Nya yang mendamaikan.

KJ. 396: 3,4
Doa : (Tuhan, aku mencari kasih karunia-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *