Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Rabu 2 Desember 2020 – Renungan Pagi

MINGGU ADVEN I

GB. 117 : 1, 2 – Berdoa

Matius 9 : 1 – 8

Ia Tahu Pikiran Pemimpin

Salah satu penghalang kesuksesan dalam pelayanan adalah adanya barisan pemimpin yang pikirannya tidak sejalan dengan apa yang dipikirkan Tuhan. Ada kebiasaan beberapa pemimpin yang memelihara pikiran “jahat” dalam merespons berbagai pelayanan yang dilakukan dalam gereja. Bacaan kita kali ini membicarakan hal yang sama. Yesus mempersoalkan apa yang dipikirkan para pemimpin agama. Yesus menanyakan alasan mengapa mereka membiarkan pikiran jahat menyerang pelayanan-Nya.

Sikap para pemimpin ini menggambarkan peta pikiran atau pengetahuan tentang Allah yang sempit, tidak berkembang dan kurang waspada terhadap pembaruan pengertian. Akibatnya, apa yang Allah kerjakan di dalam diri anak-Nya tidak dipahami. Amsal 21 :2a mengisyaratkan hal ini, bahwa setiap orang “benar” menurut anggapannya atau sangkaannya sendiri.

Kita dapat belajar, bahwa Allah bukanlah pribadi yang menyatakan pelayanan-Nya secara sama. Allah adalah pribadi yang Maha memiliki cara saat menyatakan kuasa-Nya dalam pelayanan. Karena itu, kita pun, para pemimpin-pelayan, perlu menyesuaikan diri terhadap cara-cara pelayanan yang terus menerus diperbarui-Nya. Untuk itu firman Tuhan jadi panduan (band. Yoh 6:63). Dari sinilah, Allah akan membarui pemahaman kita akan kuasa dan perwujudan-Nya dalam kekayaan cara pengungkapan pelayanan (Luk 24:45). Akal yang tidak berkembang adalah pikiran yang “lumpuh”. Karena itu tidak berdaya dalam memahami pelayanan (pekerjaan) Allah.

Di titik ini perlu disadari, bahwa Allah terus mengamati perkembangan pengetahuan kita, khususnya pemimpin dalam memahami diri-Nya. Sebagaimana Kuasa yang Yesus pakai untuk mengampuni dan membuat orang yang lumpuh menjadi bangun serta berjalan, la juga bersedia membangunkan kekuatan pikiran kita untuk menjalankan semua pelayanan dalam terang pengetahuan yang “cukup” guna melayani-Nya. Tanpa pengetahuan yang benar, kita semua bergerak ke arah “kelumpuhan” dalam pelayanan.

GB. 117 : 12, 13
Doa : (Ya Roh Kudus, mohon bimbing kami dalam melaksanakan pelayanan, agar menjadi pemimpin yang membawa pengharapan)


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya