RABU, 22 MEI 2019 – Renungan Pagi

71 Kali dibaca, Diterbitkan: 22 May 2019        


 

MINGGU IV SESUDAH PASKAH

KJ.240a : 1,2 – Berdoa

RANCANGAN JAHAT

1 Raja-Raja 21:11-16
“Orang-orang sekotanya, yakni tua-tua dan pemuka-pemuka, yang diam dikotanya itu, melakukan seperti yang diperintahkan Izebel kepada mereka” (ay.11a)

Ada ungkapan klasik yang mengatakan, “Fitnah lebih kejam dari pembunuhan”. Fitnah itu menyakitkan. Bagaimana tidak menyakitkan? Jika benar dikatakan salah, yang baik dikatakan buruk. Banyak orang yang mengalami kehancuran dalam hidupnya, karena difitnah, salah satunya adalah Nabot dalam bacaan ini. Izebel, istri Ahab telah mengatur segala cara agar Nabot berada dalam posisi yang disalahkan bahwa Nabot telah mengutuk Allah dan raja (ay.13), karena itu Nabot harus di hukum sampai mati. Izebel bukan hanya sebagai istri Ahab, tetapi telah berubah menjadi penguasa di dalam kerajaan. Dia tidak hanya mengatur suaminya, tetapi juga mengatur para tua-tua dan pemuka masyarakat di Samaria. Para pemuka masyarakat yang ada disana pun moralnya sudah rusak, sehingga mudah diajak dan dipengaruhi untuk bermufakat melakukan kejahatan. Betapa mengerikan cara-cara yang dilakukan oleh lzebel, karena ambisinya tega memfitnah dan berbuat licik terhadap Nabot.

Jauhkan diri dari cara hidup seperti ini, sebab Tuhan tidak berkenan dan akan murka terhadap mereka yang melakukan kejahatan. Kalau pun kita menginginkan sesuatu mintalah pada Tuhan, agar Ia menolong dan memberikan jalan bagi kita. Jangan menghalalkan segala cara dan mengobankan hidup sesama, untuk memperoleh apa yang kita inginkan. Ingatlah, dalam hidup ini Tuhan selalu campur tangan untuk memberikan yang terbaik dalam hidup kita. Berdoalah agar kita ditolong Tuhan untuk memiliki sikap hidup yang benar dan berkenan dihadapan-Nya.

Firman Tuhan dalam 1Petrus3:12 mengatakan, “…mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat.

KJ.240a : 3
Doa : (Ya Tuhan,mampukan kami untuk berjalan sesuai rencanaMu, dan jauhkan dari hidup kami untuk merancang kejahatan terhadap sesama)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *