RABU, 24 OKTOBER 2018 – Renungan Malam

17 Kali dibaca, Diterbitkan: 24 October 2018        


 

KJ.305 : 1,2 – Berdoa

MENGASIHI TUHAN BERARTI MENERIMA KEHIDUPAN

Ulangan 30 : 15 – 20
“… Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu, dengan mengasihi TUHAN, Allahmu, mendengarkan suara-Nya dan berpaut pada-Nya, …” (ay.19-20)

Tidak ada bangsa yang memiliki pengalaman luar biasa seperti bangsa Israel. Pada masa kepemimpinan Musa, ada banyak karya kuasa TUHAN yang luar biasa. Namun, Alkitab dengan jujur juga menceritakan betapa “tidak tahu diri” nya orang Israel, mereka menyimpang dan jalan yang TUHAN kehendaki, mengkhianati dan melawan TUHAN! Apakah akibatnya? Mereka harus menerima konsekuensi akibat dari perbuatan mereka: penderitaan, hukuman bahkan kematian!

Musa mengingatkan umat Israel untuk teguh memelihara prinsip hidup, yang utamanya adalah prinsip untuk hidup mengasihi TUHAN! Karena dengan mengasihi TUHAN berarti mau mengerti dan melakukan kehendak TUHAN; dan kehendak TUHAN pasti baik bahkan teramat baik bagi kehidupan umat! Mengasihi TUHAN menjadi dasar untuk semua perbuatan yang dilakukan umat dalam beribadah, bersekutu bahkan melakukan berbagai aktifltas lainnya. Mengasihi TUHAN berarti mau menjalani keutuhan hidup dengan sikap hati yang terus terarah hanya kepada TUHAN dan tidak kepada yang lain.

Sudahkah kita mengasihi TUHAN dengan sungguh-sungguh?
Sudahkah kita mengasihi TUHAN yang selalu setia mengasihi kita?
Sudahkah kita mengasihi TUHAN yang selalu menghendaki kita untuk menerima kehidupan dan bukan kematian? Hidup yang jujur, murni, tulus dan tidak munafik, bukanlah kita lakukan karena kita mencari dan mengejar sesuatu. Melainkan kita melakukannya karena TUHAN Allah, Pencipta, Pemelihara dan Penyelamat kita setia dan mengasihi kita.

KJ.305 : 3,4
Doa : (Ya TUHAN, kami mau mengasihi-Mu sebagaimana Engkau yang telah lebih dulu dan selalu mengasihi kami)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *