Rabu, 27 Desember 2017 – Renungan Malam

171 Kali dibaca, Diterbitkan: 26 December 2017        


 

MINGGU ADVEN IV
RABU, 27 DESEMBER 2017

Renungan Malam

BERPEGANGLAH PADA JANJI TUHANMU

Ulangan 4:30-40
“… Ia tidak akan melupakan perjanjian yang diikrarkan-Nya… (ay.31)

“Berpeganglah pada janji Tuhanmu. Di sepanjang masa Ia beserta. Angkatlah pujian, puji nama-Nya, berpeganglah pada janji-Nya. Jangan bimbang, berpeganglah pada janji Jurus’lamat. Jangan bimbang, percaya pada janji Tuhanmu…”. Kutipan bait 1 dari Buku Nyanyian Ibadah Gita Bakti 252 ini senantiasa menggemakan semangat daya juang dalam menziarahi asa yang dikobarkan para insan kala meretas kekusutan hidup dan yakin bahwa tangan Tuhan sedang merajut kembali suatu karya yang akan mengundang decap kagum setelah dengan rendah hati menanti rajutan akhir yang memesona itu.

Dalam wejangan Musa kepada umat yang dipimpinnya memasuki Kanaan, suatu dialog pribadi dijadikan model berefleksi untuk melihat dengan jujur bahwa jalan hidup terbentang tidak akan selalu mulus seiring hadirnya beragam soal dan gumul yang merintangi silih berganti. Maksud hati merajut cinta ada kala kusut berujung benci. Maksud hidup rindu setia ada kala bersua khianat. Maksud tangan menabuh buah karya mulia ada kala menuai caci. Tetapi dengan sentuhan manusiawi untuk belajar bercermin diri Musa mengajak untuk melihat tentang jejak-jejak cinta, berani menapak tilas menelusuri jalan bersama yang telah terekam indah bersama Allah. Rekonstruksi sejarah kembali dibentangkan untuk melihat potongan-potongan gambar dalam galeri hidup umat, sehingga bagai kepingan mozaik dengan dibimbing tangan Allah pada waktunya umat melihat sendiri hasil akhir konfigurasi gambar hidup yang memesona.

Semoga adalah kita yang belajar bersenandung tentang indahnya hari-hari, mulianya perjumpaan tulus antar kita, ikhlasnya syukur hati kita dan agungnya bakti hidup kita bersama-sama dengan kasih setia Tuhan. Semoga syukur selalu menghiasi hari-hari yang hadir dalam ragam pengalaman untuk kita madahkan: “Berpeganglah pada janji Tuhanmu, hidupmu tambatkan pada kasih-Nya. Roh Kudus menuntun jalan hidupmu, berpeganglah pada janji-Nya… kau tak akan jatuh dalam susahmu, di setiap hal dengar panggilan-Nya, berpeganglah pada janji-Nya”.


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *