RABU, 27 MARET 2019 – Renungan Malam

23 Kali dibaca, Diterbitkan: 27 March 2019        


 

MINGGU IV PRAPASKAH

KJ.363 : 1 – Berdoa

TIDAK ELOK JUSTRU DIPERHATIKAN

1 Korintus 12:21-23
“…terhadap anggota-anggota kita yang tidak elok, kita berikan perhatian khusus” (ay.23)

Saudara-saudari yang Tuhan Yesus kasihi, nasihat Paulus seutuhnya bermaksud agar jemaat Korintus tidak mengalami perpecahan. Perpecahan karena golongan atau makanan atau karunia, semua merupakan penyebab yang harus diwaspadai dan diatasi. Cara mengatasi ancaman perpecahan adalah dengan menghayati kesatuan berbagai anggota tubuh. Berbagai anggota tubuh yang berbeda, namun berada dalam tugas yang berkaitan.

Anggota tubuh yang lemah perlu mendapat perhatian sebab bagaimanapun diperlukan sebagai bagian dari anggota tubuh. Artinya, yang kuat perlu menopang yang lemah agar yang kuat dapat menyatakan keberpihakan kepada yang lemah. Keadaan mereka yang lemah tidak boleh dimanipulasi oleh yang kuat, sehingga yang kuat dapat bertindak apa saja. Sebaliknya, dengan memberi perhatian pada anggota tubuh yang lemah, maka yang kuat menjaga persekutuan. Siapakah anggota tubuh yang lemah? Mereka yang rentan terhadap kejahatan, mereka yang rentan terhadap ketidakadilan, mereka yang tidak terlindungi secara baik.

Anggota tubuh yang lemah justru dibutuhkan (ay.22) bukan untuk semakin ditindas, tetapi dibutuhkan karena tanpa mereka, maka anggota tubuh berkurang. Tanpa mereka yang lemah, maka ada anggota tubuh yang terabaikan. Perhatian yang demikian bukanlah untuk mencari hormat, sebab pada hakikatnya sudah terhormat, tetapi supaya perhatian khusus tidak terjebak dengan keinginan dipuji dan dihormati. Pada titik inilah seluruh anggota tubuh yang terhormat maupun tidak, yang elok maupun tidak, mendapat perhatian khusus. Dengan berdasarkan pemahaman bahwa setiap anggota tubuh adalah elok dan terhormat di hadapan Tuhan.

KJ. 363: 4
Doa : (Tuhan, ajarlah kami untuk selalu mawas diri dalam kehidupan kami agar tidak merendahkan sesama kami)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *