RABU, 27 MARET 2019 – Renungan Pagi

26 Kali dibaca, Diterbitkan: 27 March 2019        


 

MINGGU IV PRAPASKAH

KJ.358 : 1 – Berdoa

TEMPAT YANG TEPAT

1 Korintus 12:18-20
“…..suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya” (ay.18)

Saudara-saudari yang Tuhan Yesus kasihi, berada pada posisi yang tepat bukan saja melibatkan kemampuan diri, tetapi yang utama dan terutama adalah kesediaan memahami penunjukkanNya. Allah menempatkan telinga di tempatnya yang tepat, sebab jika tidak demikian akan banyak masalah yang terjadi. Semua tempat dimana anggota tubuh berada sungguh baik, sehingga tidak satupun anggota tubuh yang salah tempat. Paulus memperlihatkan bahwa dalam kaitan dengan satu tubuh, maka setiap anggota sudah tepat ditempatnya. Paulus menyatakan bahwa pikiran tentang keistimewaan yang satu atas yang lain merupakan kesalahan yang harus dikoreksi.

Pertama-tama Paulus menyatakan bahwa Allah yang menempatkan seseorang, maka menerima penempatan Allah sebagaimana dikemukakan akan memberi rasa syukur. Demikianlah kita semua menerima anugerah Allah yang luar biasa, sehingga sangat tidak beralasan untuk mengeluh tentang kenapa saya dilahirkan di keluarga ini? Berada di tempat yang tepat adalah juga sesuai rencana Tuhan bahwa kehadiran kita memenuhi apa yang menjadi rencana-Nya.

Kedua, Allah bertindak dalam kehendak-Nya dan kehendak-Nya selalu berujung damai sejahtera. Kita semua hadir sesuai rencana dan tujuan-Nya, maka yang diperlukan adalah kesediaan untuk melangkah dalam keyakinan bahwa Ia setia menyertai kita. Kita juga selalu terhindar dari keinginan untuk meninggikan diri, sebab hal demikian berarti tidak meninggikan-Nya. Kita juga terhindar dari keangkuhan diri, sebab keangkuhan dibenci-Nya, sehingga dalam kerendahan hati kita bersyukur bahwa kita berada di tempat yang tepat, di gereja ini, di keluarga, di Indonesia. Maju terus bersama Tuhan Yesus, sebab dalam persekutuan dengan-Nya jerih lelah kita tidak sia-sia.

KJ. 358: 3
Doa : (Tuhan, berilah kami kekuatan untuk menjalankan tugas-Mu di tempat yang tepat)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *