RABU, 3 OKTOBER 2018 – Renungan Malam

23 Kali dibaca, Diterbitkan: 3 October 2018        


 

KJ.424 : 1 – Berdoa

MENYELAMATKAN SESAMA DARI PERBUATAN JAHAT

1 Samuel 19 : 18 – 24
“….Dan Roh Allah hinggap pada orang-orang suruhan Saul sehingga merekapun kepenuhan seperti nabi “(ay.20)

Kita masih disuguhkan klsah mengenai upaya Daud untuk lepas dari rencana Saul untuk membunuhnya. Bacaan kita menceritakan bahwa setelah Daud melarikan diri, ia berjumpa dengan nabi Samuel, dan kemudian mereka berdua mendapat perlindungan di suatu tempat yang bernama Nayot, yang adalah tempat tinggal para nabi.

Ketika Saul mendengar bahwa Daud berada di Nayot, Ia mengirim orang-orang suruhan untuk mengambil Daud. Namun, roh Allah menghinggapi orang-orang suruhan tersebut dan mereka mengalami kepenuhan seperti nabi. Peristiwa ini terus berulang sampai tiga kali (ay.20-21). Akhirnya, Raja Saul sendiri pergi ke Nayot. Apa yang dialami Saul disini agak unik karena dikatakan bahwa “Ia pun menanggalkan pakaiannya dan iapun juga kepenuhan di depan Samuel, ia rebah terhantar dengan telanjang sehari-harian dan semalam-malaman. Itulah sebabnya orang berkata: “Apakah juga Saul termasuk golongan nabi?” (Ay.24). Dapat dikatakan bahwa apa yang dilakukan Saul tidak pantas, terutama sebagai seorang raja yang sangat dihormati orang banyak.

Dari kisah orang-orang suruhan dan raja Saul yang dihinggapi roh Allah, kita melihat bahwa Tuhan mempunyai cara tersendiri untuk menyelamat-kan Daud dari perburuan Saul. Dan Allah menggunakan kuasa roh-Nya untuk menggagalkan rencana raja Saul dan orang suruhannya tersebut.

Sebagai pengikut Tuhan Yesus Kristus, pesan yang kita bisa petik untuk direnungkan pada malam hari ini adalah bahwa Allah dalam roh-Nya yang kudus berkuasa untuk melakukan yang dikehendaki-Nya demi menjaga dan melindungi kita. Hidup yang dipimpin dan dikuasai oleh oleh roh Kudus akan menuntun kita juga untuk percaya akan cara Tuhan dengan roh-Nya yang sanggup menyatakan dan menunjukkan kekuatan kuasa-Nya kepada seluruh umat manusia.

Marilah kita melewati malam ini dengan menyerahkan seluruh hidup di dalam kuasa Roh Kudus.

KJ.424:2
Doa : (Ya Tuhan, pimpinlah kami dengan kuasa Roh Kudus, agar kami dapat selalu melakukan kehendak-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *