Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

RABU, 30 JANUARI 2019 – Renungan Malam

 

MINGGU III SESUDAH EPIFANIA

KJ 462 :1 – Berdoa

JIKA TUHAN MENGHENDAKI

Yakobus 4:13-17
Sebenarnya kamu harus berkata “Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu (ay.15)

Perencanaan yang matang adalah tanda seseorang mempersiapkan diri dengan baik. Dalam merencanakan sasuatu, kita berusaha menimbang berbagai kekurangan atau kelebihan. Begitu pula, rencana yang baik adalah rencana yang memperhitungkan segala sesuatu. Hal itulah yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Rencana kegiatan sehari-hari kita sudah siap sebelum kita memasuki hari baru. Bahkan, tidak jarang juga ada yang sudah mempersiapkan rencana-rencana untuk tahun-tanun yang akan datang. Rencana itu menjadi semacam kompas bagi seseorang agar ia tidak tersesat dari tujuan yang ingin ia capai. Namun, kelemahan dari setiap rencana adalah manusia tidak benar-benar bisa memastikan sampai kapan ia hidup.

Bacaan malam ini memberikan peringatan pada kelemahan mendasar dari setiap rencana yang manusia buat. Yang paling mendasar adalah hidup yang ada pada manusia. Kehidupan itu adalah sesuatu yang Tuhan berikan. Sesuatu yang tidak bisa manusia dapatkan dengan materi apa pun. Demikian pula, perjalanan hidup itu berada dalam genggaman tangan Tuhan. Jika Tuhan memutuskan untuk menghentikan perjalanan itu, maka usailah sudah semua rencana manusia. Hal itu memperingatkan manusia bahwa janganlah ia begitu yakin dengan rencana-rencana yang ia buat. Keyakinan manusia haruslah bergantung kepada Tuhan. Ia adalah pemegang kunci dari kesuksesan setiap rencana kita. Keyakinan yang berlebihan pada rencana yang kita buat membuat kita menjadi tinggi hati dan melupakan Tuhan. Sikap demikian merupakan suatu bahaya bagi manusia.

Yakobus memberikan suatu solusi untuk mengatasi kelemahan mendasar dan rencana manusia. Solusi itu bergantung pada kehendak Tuhan dan keyakinan manusia. Keduanya tidak dapat dipisahkan. Keyakinan manusia haruslah sejalan dengan kahendak Tuhan. Untuk itu, manusia harusnya merendahkan hatinya dan menyerahkan segala rencananya kepada Tuhan. Solusi itu muncul dalam kata-kata yang sederhana yaitu jika Tunan menghendaki (ay. 4:15). Kata itu mencerminkan suatu keyakinan iman seseorang kepada Tuhan. Keyakinan bahwa Tuhan tidak hanya menghendaki rencana-rencana kita berjalan dengan baik. Tetapi juga, Tuhan memberikan hari esok yang lebih baik bagi kita.

KJ.462:3
Doa: (Tuhan, segala sesuatu yang kurencanakan biarlah kuserahkan kepada-Mu agar kehendak-Mu yang jadi)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya