Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

RABU, 6 MARET 2019 – Renungan Malam

 

MINGGU VIII SESUDAH EPIFANIA

KJ 422:1,2 – Berdoa

SAUL MEMPROMOSIKAN DAUD

1 Samuel 18:5
sehingga Saul mengangkat dia mengepalai para prajurit. Hal ini dipandang baik oleh seluruh rakyat dan juga oleh pegawai-pegawai Saul. (ay.5b)

Ada debat tentang pertanyaan pertumbuhan anak, yaitu, manakah yang lebih dulu: kaki anak kuat atau anak berjalan? Mana pun jawaban yang kita pilih, maka kedua-duanya benar, sehingga perdebatan tidak akan selesai. Benar bahwa anak jadi kuat jika bisa berjalan, dan anak bisa berjalan jika kakinya kuat.

Jika kita simak baik-baik bacaan kita malam hari ini, maka ada tiga hal yang diinformasikan, yaitu: 1) Kemana pun Daud ditugaskan berperang, ia selalu berhasil; 2) karena itu Saul mempromosikan Daud jadi kepala prajurit; dan 3) promosi Daud itu dipandang baik oleh seluruh rakyat dan para pegawai Saul. Mengapa Daud selalu berhasil? Ia selalu berhasil setelah dia diurapi oleh Samuel menjadi raja untuk menggantikan Saul.

Jika pengurapan itu merupakan unsur iman, maka keberhasilan itu adalah unsur perbuatan. Pertanyaannya ialah manakah lebih dulu iman atau perbuatan? Jelas dalam cerita kitab 1 Samuel bahwa pengurapan Daud mendahului keberhasilannya. Lalu dikatakan bahwa semakin Daud berhasil, maka Saul semakin iri kepada Daud. Karena itu Saul semakin berusaha membunuh dia. Dalam PB, khususnya di Yakobus 2:22, menegaskan bahwa iman dan perbuatan bekerja sama dan saling menumbuhkan satu terhadap yang lain. Dikatakan bahwa iman tanpa perbuatan itu sia-sia. Demikian sebaliknya, perbuatan tanpa iman itu juga sia-sia. Oleh sebab itu, iman dan perbuatan itu bertumbuh-kembang secara bersama-sama. Demikian juga halnya dengan Daud : semakin ia berhasil maka; semakin ia yakin akan pengurapannya; semakin ia yakin dengan harapannya, maka semakin ia berhasil. Mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama harus bertumbuh bersama. Jika hanya satu sisi saja (iman atau perbuatan) ditumbuhkan, maka hasilnya keduanya tidak bertumbuh.

KJ.422:3,4
Doa : (Kami barsyukur pada Tuhan atas promosimu bagi orang beriman)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya