RABU, 8 FEBRUARI 2019 – Renungan Pagi

9 Kali dibaca, Diterbitkan: 8 February 2019        


 

MINGGU IV SESUDAH EPIFANIA

GB.71 : 1 – Berdoa

TUHAN SEBAGAI TAMENG

Yosua 9:6-9
Jawab mereka kepadanya: “Dari negeri yang sangat jauh hamba-hambamu ini datang karena nama TUHAN, Allahmu, sebab kami telah mendengar kabar tentang Dia, yakni segala yang dilakukan-Nya di Mesir” (ay 9)

Segala cara digunakan untuk mendapatkan yang diinginkan, bahkan dengan berani memakai nama Tuhan, seolah-olah percaya kepada Tuhan. Orang Hewi memaksa Yosua dan orang Israel untuk mengikat perjanjian, sehingga mereka dapat hidup dengan damai dan aman dengan orang Israel. Orang Hewi mengetahui bahwa sesuai perintah Tuhan orang Kanaan harus dimusnahkan ketika orang Israel berhasil menguasai Kanaan. Dengan tipu daya mereka menipu Yosua untuk mendapatkan keselamatan. Nama Tuhan dipakai sebagai tameng agar keinginan mereka dapat diterima: Perjanjian damai dapat terwujud. Tuhan sebagai tameng, alat pelindung untuk dapat mewujudkan keinginan yang sebenarnya tidak sesuai dengan tatanan, aturan bahkan firman Tuhan.

Menyebut nama Tuhan, tetapi kemudian memaki menghina sesama, menebarkan kebencian, membuat keributan bahkan membunuh baik secara fisik maupun karakter. jelas merupakan sikap hidup yang tidak benar. Nama Tuhan dipakai untuk membenarkan tindakan yang kejam dan keji. Ini merupakan realitas yang terjadi dalam kehidupan bersama akhir-akhir ini. Memprihatinkan memang bahkan menyedihkan. Kalau boleh dikatakan sangat memuakkan. Bagaimana seharusnya kita bersikap sebagai yang menempatkan Tuhan sebagai tameng?

Tuhan yang berkuasa menyatakan pertolongan-Nya. Bukan merupakan rahasia, sebab semua orang sesungguhnya mengetahui tindakan Tuhan ini. Tuhan tidak menipu dengan janji yang indah kepada manusia agar percaya dan menerima janji keselamatan yang dinyatakan-Nya. Jika kita menempatkan Tuhan sebagai tameng, maka kita menempatkan iman dan percaya kita kepada Tuhan secara utuh dan total. Jangan berbohong untuk mendapatkan keuntungan. Jangan berbohong untuk kebaikan. Siap menghadapi kehidupan ini dengan segala tantangan, pergumulan, bahkan masalah Karena yakin bahwa Tuhan yang telah manyatakan kuasa-Nya, akan melindungi dan memberikan yang terbaik bagi kita.

GB.71:2,3
Doa : (Jangan biarkan kami takut menghadapi kehidupan ini, yakinkan kami bahwa Engkau serta kami selalu, ya Tuhan)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *