RABU,13 MARET 2019 – Renungan Malam

130 Kali dibaca, Diterbitkan: 13 March 2019        


 

MINGGU VI PRAPASKAH

KJ.402 : 1 – Berdoa

WASPADA DAN MENOLAK ANTIKRISTUS

2 Yohanes1:7-13
Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, (ay-7).

Saudaraku, pagi tadi kita telah diingatkan agar selalu mengasihi sesama tanpa drama sebagai gaya hidup yang meneladani Kristus. Mengakhiri hari ini, kita diperingatkan oleh penulis surat 2 Yohanes tentang kehadiran dan pengaruh antikristus yang datang bukan hanya untuk menyesatkan orang percaya, melainkan juga untuk memecah belah persekutuan. Antikristus adalah istilah yang khas dalam surat 1-2 Yohanes. Istilah tersebut merujuk pada pribadi kelompok yang menolak kemanusiaan Yesus, kedudukan-Nya sebagai Anak Allah, dan relasi-Nya dengan Allah (1 Y/oh. 1:22; 4:3; Yoh. 1:7). Mereka mengajarkan kepada orang banyak bahwa Allah tidak mungkin menjadi manusia. Pertama, Karana Allah adalah kudus, sedangkan dunia tercemar oleh dosa. Kedua, Karena Allah adalah maha dalam segalanya, sedangkan manusia fana dan terbatas. Konsekuensi dari pandangan Antikristus tersebut adalah penyangkalan, baik terhadap inkarnasi (baca; kaiahiran) Yesus pun kematian-Nya di kayu salib maupun dampak dari peristiwa tersebut, yaitu pengampunan dosa dan keselamatan manusia.

Merespons ajaran sesat tersebut, maka penulis 2 Yohanes menyampaikan 2 hal penting melalui suratnya. Pertama, bahwa setiap orang percaya haruslah waspada dan menolak dengan tegas kehadiran para penyesat. Jangan pernah memberi kesempatan kepada mereka, supaya kita tidak tersesat dan akhirnya kehilangan keselamatan yang telah diberikan Yesus melalui iman kepada-Nya. Kedua, bahwa setiap orang percaya haruslah tinggal di dalam ajaran yang benar dan sehat, yaitu ajaran para rasul tentang pribadi dan karya Yesus, Tuhan dan Juruselamat kita. Hanya dengan memerlukannya, maka kita dapat bertahan dan melawan para penyesat, sambil teguh pada keyakinan tentang kuasa dan kasih Allah yang besar atas dunia ini, sehingga Ia pun rela berkorban demi menyelamatkan (Yoh. 3:16-17). Saudaraku, tetaplah Waspada terhadap Antikristus zaman sekarang. Tuhan menjaga kita.

KJ.402 : 4
Doa : (Ya Allah, teguhkanlah iman dan kasihku kepada Yesus, Putra-Mu, sehingga aku selalu waspada dan menolak segala bentuk penyesatan)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *