SABTU, 1 SEPTEMBER 2018 – Renungan Pagi

23 Kali dibaca, Diterbitkan: 1 September 2018        


 

SABTU, 1 SEPTEMBER 2018
Renungan Pagi

GB.84 : 1 – Berdoa

BERSYUKUR VS BERSUNGUT

1 Timotius 1:12-17
Aku bersyukur kepada Dia (ay. 12a}

Mengucap syukur? dalam hal apa dulu …. ..kalau hal yang menyenangkan pastilah semua orang akan bersyukur, tetapi untuk hal yang kurang menyenangkan nanti dulu. Begitulah pikiran manusia pada umumnya, tetapi Paulus mengemukakan alasannya kepada Timotius (anak rohaninya) kenapa ia harus bersyukur. Paulus mengatakan karena ia dapat dipercayai dan dipilih untuk melayani Tuhan.

Tuhan mencari hamba yang melayani Tuhan bukan hanya seorang yang PERCAYA tetapi juga yang dapat diPERCAYA untuk melakukan pakerjaan pelayanan itu dengan penuh tanggung jawab dan dengan kesungguhan hati (bandingkan Luk 16: 11-12). Lalu bersyukur karena di PILIH (Yon 15:16), dipilih dalam kepercayaan-Nya bukan karena garis tangan atau garis hidup atau takdir, tetapi dipilih untuk diselamatkan dan pergi memberitakan karya keselamatan-Nya (Pet 2 : 9-10).

Hal ini Paulus ungkapkan kepada Timotius guna menguatkannya dan sekaligus mengingatkannya sebagai pelayan Tuhan di usia yang masih sangat belia dengan darah muda yang membawa dalam dirinya, Paulus pun tak segan-segan mengungkapkan jati dirinya di masa lampau sebelum hadir sebagai rasul Tuhan (ay. 13), namun kehadirannya sekarang berbeda dengan kehidupannya yang lalu (Gal 2:20). Senada dengan maksud surat ini kepada Timotius, hal ini juga ditujukan dan diserukan kepada kita semua agar kita jadi teladan bagi sekeliling (ay. 16b), bahwa hidup ini anugerah yang harus dijalani dengan rasa syukur, hadir sebagai orang percaya bukan karena kebetulan. Rasa syukur itu juga harus ditampilkan dangan bertanggung jawab dalam menjalani tugas pelayanan dan kesaksian yang dipercayakan oleh-Nya. dengan loyalitas dan komitmen yang kuat, walau banyak tantangan jangan bersungut-sungut. . . tinggalkan yang lama, hiduplah dalarn pembaharuan yang dikerjakan olen-Nya. Agar hidup kita berkenan pada-Nya dan jadi berkat bagi sesama ciptaan Tuhan.

GB.84 : 2
Doa : (Tuhan Yesus terima kasih, Karena Engkau telah memilihku dan menyelamatkanku, peliharalah aku di sepanjang jalan hidup yang Kau berikan bagiku)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *