SABTU, 10 NOVEMBER 2018 – Renungan Malam

9 Kali dibaca, Diterbitkan: 10 November 2018        


 

MINGGU XXIII SES. PENTAKOSTA

KJ.467 : 1 – Berdoa

JANGAN BERDUSTA MEMAKAI NAMA TUHAN

Yeremia 29:21-23
“Oleh karena mereka telah melakukan kebebalan di Israel, telah barzinah dengan istri sesama mereka dan telah mengucapkan demi nama-Ku perkataan dusta yang telah Kupesankan kepada mereka…” (ay.23) ,

Ada orang yang memprovokasi orang lain dengan berita bohong atau memutarbalikkan kebenaran. Untuk meyakinkan berita palsu-nya, ia memanfaatkan nama Tuhan, sehingga yang mendengar percaya. Biasanya orang yang suka menebar berita bohong atau memfitnah mempunyai tujuan kepentingan diri, dan orang yang tidak bijak akan mudah terprovokasi. Jika seseorang sudah terprovokasi, akan percaya bahwa berita bohong yang didengar itu adalah suatu kebenaran tanpa pembuktian. Yeremia bernubuat bagi mereka yang telah menyebarkan berita bohong, seolah-olah berita ynng mereka sampaikan itu dapat membantu umat menyelesaikan persoalan mereka padahal justru menjebak umat untuk tidak percaya pada Tuhan. Berita bohong akan selalu bertentangan dengan kebenaran Tuhan. Ganjaran apa bagi orang-orang yang menyebarknn berita bohong atau palsu, menyebarkan ketidak-benaran dengan memakai nama Tuhan? Tuhan akan membawa mereka ke dalam tangan Nebukadnezar, raja Babel yang akan memarang mereka mati di depan mata Israel. Ganjarannya adalah kebinasaan ynng mengerikan.

Orang percaya harus bijak memilah yang benar dan yang palsu. Minta hikmat dari Tuhan agartahu mana yang benar yang berasal dari Tuhan serta mana yang palsu berasal dari orang-orang jahat. Jangan sampai orang-orang percaya terperdaya.

Tuhan mengetahui apakah kita memberitakan kebenaran-Nya ataukah kebenaran diri. Memberitakan kebenaran Tuhan berarti bukan hanya untuk menyenangkan orang yang mendengar dan menerimanya, juga bukan untuk kepentingan diri. Sepahit apapun Kebenaram itu harus diberitakan dan sepahit apapun berita mala kebenaran itu harus didengar. Karena jika itu kebenaran dari Tuhan, maka kebenaran itu adalah pernyataan rencana Tuhan yang baik bagi umat.

KJ.467 : 3
Doa : (Tuhan, jadikan kami saksi kebenaran-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *