Sabtu 10 Oktober 2020 – Renungan Pagi

5 Kali dibaca, Diterbitkan: 9 October 2020        


MINGGU XVIII SES.PENTAKOSTA

♪  KJ.407 : 1- Berdoa

Kisah Para Rasul 20 : 29-32

Berhati-Hatilah!

Sebelum berpisah, Paulus ketika berada di Miletus mengingatkan para penatua yang datang dari Efesus bahwa ada orang-orang luar yang akan merusak persekutuan jemaat Allah di sana setelah kepergiannya. Tantangan bukan hanya datang dari orang luar. Karena itu Paulus juga mengingatkan, bahwa ada juga beberapa orang dari dalam yang akan merusak persekutuan jemaat. Dengan ajaran palsu, mereka akan menarik murid-murid dari jalan kebenaran.

Atas kondisi yang akan dihadapi jemaat tersebut, Paulus dengan tegas menyatakan, agar berhati-hati dan berjaga-jaga! Selama tiga tahun, siang dan malam tanpa henti, Paulus membangun dan melayani dengan penuh cucuran air mata. Paulus tidak mau persekutuan yang telah dibangun atas dasar Kasih Kristus. Oleh karena itu, Paulus menyerahkan persekutuan jemaat ini kepada Tuhan dan firman kasih karunia-Nya. Tuhan yang berkuasa membangun juga menganugerahkan kepada jemaat bagian yang sudah ditentukan bagi semua orang yang telah dikuduskan-Nya (ay.32). Pesan Paulus ini bukan tanpa alasan. Sebab persekutuan jemat sedang terancam oleh rencana jahat mansia, Paulus mengajak agar setiap orang menjaga diri dan berhati-hati terhadap setiap ajakan yang menyesatkan. Dengan demikian mereka mampu menangkal setiap perbuatan yang ingin memecah-belah persekutuan.

Tanpa sadar, kita juga diperhadapkan pada upaya pemecahan persekutuan jemaat. Oleh karena itu, ingatlah pesan Paulus untuk berhati-hati. Dengan berhati-hati kita memiliki hati yang bersekutu, membangun dan bersyukur. Itu adalah hati yang menyadari pentingnya persekutuan yang telah dibangun attas kasih karunia Tuhan Yesus. Mari menjaga persekutuan jemaat dari upaya perusakkan!

♪KJ.407 : 3

Doa: (Tuhan Yesus, tolong jangan biarkan persekutuan kami dirusak oleh pengaruh dan keinginan yang jahat) 

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *