SABTU, 11 MEI 2019 – Renungan Malam

12 Kali dibaca, Diterbitkan: 11 May 2019        


 

MINGGU II SESUDAH PASKAH

GB.218 : 1 – Berdoa

JANGAN MENUNDA PEKERJAAN TUHAN

1Tawarikh 22: 14 – 19
emas, perak, tembaga dan besi, yang tidak terhitung banyaknya. Mulailah bekerja! TUHAN kiranya menyertai engkau!” (ay.16)

Rencana tanpa aksi bisa jadi mimpi siang bolong. Upaya membangun sebuah gedung gereja, sering terhambat karena kekuatiran karena tidak adanya dana dengan mempertimbangkan kesanggupan ekonomi warga jemaat. Jelas dibutuhkan dorongan kuat yang memberi semangat dari para pemimpin gereja untuk mulai bekerja menggalang dana, mencari lokasi, memproses perijinan dan berdoa secara khusus ketimbang sibuk berdebat yang hanya menciptakan keraguan dan kesuaman rohani.

Raja Daud memberi semangat bagi Salomo untuk segera bekerja membangun bait Allah. Dorongan membangun bukan tanpa alasan sebab raja Daud telah menyiapkan segala kebutuhan material. Tidak hanya anggaran, tetapi juga para pekerja terampil yang akan menangani proyek pembangunan bait Allah. Tidak bisa ditunda rencana membangun bait Allah. Tuhan sudah menyediakan segala kebutuhan material bahkan juga dukungan dari para pembesar sebagai donatur yang membantu segala kebutuhan pembangunan.

Sungguh tidak terduga, ternyata sudah waktunya bait Allah dibangun sebab segala yang dibutuhkan sudah tersedia. Jadi jelas tidak ada yang perlu dikuatirkan jika apa yang dilakukan adalah pekerjaan untuk memuliakan Tuhan.

Kita bersyukur jika dalam gereja Tuhan disampaikan ajakan membantu pembangunan gereja Tuhan secara internal maupun dari gereja-gereja lain yang datang dengan proposalnya. Kita perlu mendukung upaya membangun gereja Tuhan dengan cara memberi janji iman, melunasi proposal pembangunan atau aksi penggalangan dana lainnya. Memang selalu ada saja yang berkomentar negatif, namun hendaknya tidak melemahkan kita memulai dan melanjutkan upaya pembangunan gereja Tuhan. Sungguh sebuah kesempatan yang langka jika kita bersedia memberi diri bagi pembangunan gereja dan fokus melakukannya sampai tuntas. Jangan tinggalkan pekerjaan Tuhan hanya karena terhasut omongan orang yang tidak bertanggungjawab. Tuhan selalu menolong mereka yang mau bekerja bagi kemuliaan-Nya.

GB.218 : 2
Doa : (Ampuni Tuhan jika kami menyia-nyiakan kesempatan menjadi alat yang dipakai membangun gereja Tuhan. Ampuni kami jika karena perilaku kami, gereja Tuhan malah ditutup sebab kami tidak dapat saling mengasihi dalam persekutuan)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *