SABTU, 12 JANUARI 2019 – Renungan Malam

9 Kali dibaca, Diterbitkan: 12 January 2019        


 

MINGGU EPIFANIA

KJ.367:1,2 – Berdoa

BERGANTI NAMA

Yesaya 65:15-16
“tetapi hamha-hambaku akan disebut dengan nama lain (ay.15c)

Kepada mereka yang setia mendengar suara-Nya dan menjadi hamba-hamba-Nya diberikan nama baru yang mengandung berkat. Pergantian nama itu bukan sekedar pergantian huruf, tetapi juga pergantian pribadi yang baru. Dengan pergantian nama itu, mereka taat melakukan apa yang Allah mau seperti Abram menjadi Abraham, Yakub menjadi Israel, Saulus menjadi Paulus. Nama-nama yang mengalami berkat-berkat Allah berdasarkan kesetiaan. Sesungguhnya kita semua telah di rneteraikan dalam keselamatan Allah (bdk. Yesaya 43 : 1c) seharusnya kita berusaha hidup dalam perkenanan-Nya. Barangkali, klta sedang menghadapi berbagai pergumulan berat, diperhadapkan kepada berbagai persoalan yang tidak ringan, namun kita harus percaya bahwa kuasa Tuhan mampu merubah segalanya, dan mendatangkan berkat sukacita yang melimpah dalam hidup kita.

Siapapun nama kita, yang paling terpenting adalah kita sudah ada dalam persekutuan orang-orang yang diselamatkan oleh Allah. Persekutuan yang didasarkan oleh kasih karunia Allah di dalam Yesus Kristus, yang telah menyerahkan nyawa-Nya dan mati di atas kayu salib untuk menanggung kutuk dan dosa manusia agar dengan demikian kita beroleh jaminan keselamatan yang sempurna dan diberikan Roh Kudus agar kita berani bersaksi bagi kemuliaan Allah.

Sebagai umat tebusan millk Allah, sudah seharusnya kita memperhatikan dengan baik cara kita berkata-kata dan bertindak sesuai dengan percaya kita kepada Tuhan Yesus. Sudahkah kita, terlebih yang namanya diambil dari nama-nama Alkitab seperti Daud, Yohanes atau Daniel, bertingkah laku yang mencerminkan kekudusan Allah dan bukannya mempermalukan Tuhan kita Yesus? Benarkah hidup kekristenan kita sudah diperbaharui sehingga kehadiran kita selalu menjadi berkat bagi sesama?

KJ. 367 : 3
Doa : (Terima kasih Tuhan untuk nama Yesus yang berharga dalam hidupku)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *