SABTU, 19 JANUARI 2019 – Renungan Pagi

52 Kali dibaca, Diterbitkan: 19 January 2019        


 

MINGGU SESUDAH EPIFANIA

KJ. 54:1 – Berdoa

FIRMAN ALLAH YANG BEKERJA DALAM

1 Tesalonika 2:13-16
“sebab kamu telah menerima firman Allah yang kami beritakan itu, bukan sebagai perkataan manusia, tetapi sebagai firman Allah yang bekerja juga di dalam kamu yang percaya {ay.13).

Mari kita memperhatlkan dengan cermat, ayat 13. Di situ Paulus menyatakan rasa syukur kepada Allah, bukan semata-mata karena jemaat Tesalonika telah menerima Firman Allah, tetapi terutama Karena firman Allah bekerja dalam diri jemaat. Kalimat “firman Allah yang bekerja” bisa diterjemahkan : Firman Allah yang berkuasa dalam diri, dan menjadi energi (kekuatan) dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dampak dari Firman yang berkuasa dalam diri jemaat adalah : mereka mampu bertahan dalam menghadapi penderitaan. Jemaat Tesalonika memang saat itu mengalami penderitaan akibat penghambatan dan penganiayaan yang dilakukan “teman-teman sebangsa” (ay.14). Teman-teman sebangsa menunjuk kepada orang-orang dekat yang berada di sekitaran mereka.

Selanjutnya, Paulus mengatakan bahwa penganiayaan yang dialami oleh jemaat di Tesalonika, juga ia alami. Menurut Paulus, penganiayaan yang ia alami itu dilakukan oleh orang-orang Yahudi yang lerus berusaha menghalang-halangi pemberitaan Injil kepada bangsa-bangsa lain (bangsa non Yahudi). Namun demikian ia meyakini bahwa keadilan Tuhan akan berlaku bagi mereka yang senantiasa hidup dikuasai dosa dan kejahatan (ay. 16).

Sebagai warga gereja, kita dihadirkan Tuhan di tengah dunia. Dunia di mana Gereja hadir bukan dunia yang selalu menerima dengan baik kehadiran orang percaya. Tidak jarang, dunia di mana Gereja hadir dan melayani, menunjukkan panolakan terhadap kehadiran orang percaya. Di tangah dunia yang sering menunjukkan penolakan itu, hendaknya Firman Tuhan berkuasa dalam kehidupan kita, sehingga Firman itu menjadi kekuatan bagi kita di dalam menghadapi berbagai pergumulan iman. Tidak hanya itu, Firman Tuhan juga memberi semangat dan kekuatan kepada kita sehingga daiam pergumulan iman, kita tetap mampu menghadirkan karya kerja yang berkualitas bagi kehidupan masyarakat.

KJ. 54 : 4
Doa : (Ya Kristus, Firman Yang Hidup, Firman-Mu bekerja dalam diri dan kehidupan kami sehingga kami dikuatkan dalam menghadapi pergumulan iman)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *