Sabtu 22 Agustus 2020 – Renungan Malam

21 Kali dibaca, Diterbitkan: 22 August 2020        


MINGGU Xl SES. PENTAKOSTA

GB.55 : 1 – Berdoa

Kisah Para Rasul 16 : 11 – 15

Bermula Dari Mendengarkan

Suka akan pengajaran dan mau belajar adalah awal dari memperoleh pengetahuan. Namun demikian bukan hanya sekadar mendengar pengajaran, melainkan sungguh-sungguh ingin tahu apa yang didengar dan membuka hati terhadap kebenaran Injil Allah itulah yang membuahkan hasil positif. ltu adalah proses karya murni dari Roh Kudus yang bekerja oleh kasih karunia-Nya. Roh Kudus berkarya bagi setiap orang yang kepadanya kasih karunia itu dinyatakan.

Lidia adalah seorang yang berada dalam proses kasih karunia Allah melalui tindakannya mendengarkan. Tuhan membuka hatinya, sehingga membuatnya sungguh-sungguh memperhatikan apa yang disampaikan Paulus. la kemudian memberi diri dan keluarganya untuk dibaptis. Roh Kudus bekerja melalui sarana pemberitaan Injil mengubahkan hidup manusia bukan hanya pada cara berpikir atau pemahaman, melainkan juga tingkah laku yang mencintai persekutuan karena merasa satu di dalam Tuhan yang mengasihi semua orang.

Melalui pengalaman ini, kita seharusnya semakin memberi diri dipimpin oleh Roh Kudus yang menolong dalam melaksanakan tugas pembinaan, pengajaran orang dewasa sampai kepada anak-anak. Karena sarana itu dapat dipakai oleh Roh Kudus untuk membantu manusia mengalami pembaruan melalui mendengarkan, kemudian mempercayai. Lalu pada gilirannya, proses itu melahirkan perubahan-perubahan perilaku yang lebih menopang pekerjaan Tuhan.

Kita semua pasti mengasihi keluarga. Sejauh mana bimbingan pengajaran dari dalam rumah kita lakukan? Semua itu membentuk misi keluarga. Kemudian hal itu juga menopang misi gereja yang pada gilirannya berdampak pada masyarakat. Lidia dan keluarganya mengalami pengenalan akan Allah di dalam Yesus. Hal itu membuat mereka bersukacita dan ikut menopang misi Allah di dunia ini.

GB. 55 : 2
Doa : (Terima kasih untuk kesempatan belajar Firman Tuhan, oleh bimbingan Roh Kudus yang semakin menuntun kami dalam kebenaran-Mu)

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *