SABTU, 23 FEBRUARI 2019 – Renungan Malam

15 Kali dibaca, Diterbitkan: 23 February 2019        


 

MINGGU VI SESUDAH EPIFANIA

GB 289:1 – Berdoa

GEMBALA MENGALAHKAN PENDEKAR

1 Samuel 17:31-36
“.. karena ia telah mencemooh barisan dari pada Allah yang hidup.” (ay.36b)

Alkitab seringkali menampilkan cerita tentang seseorang atau sekelompok orang dengan pekerjaannya yang diperhadapkan dengan kemuliaan Tuhan. Misalnya bagi mereka yang berada dalam ruang lingkup nelayan yang bekerja di laut, para petani yang bekerja di ladang maupun para gembala yang bekerja di padang rumput. Tentu saja ada maksud tertentu dari Firman Tuhan ketika menyoroti para pengerja ini.

Nas perikop Alkitab malam ini menyoroti konteks pagelaran karya gembala. Warta tentang kelahiran Yesus pertama kali diberitakan oleh malaikat kepada para gembala di padang Efrata sebagai berita favorit di malam Natal. Menarik perhatian kita adalah mengapa Daud dalam Mazmur 23 menyoroti pribadi Tuhan sebagai gembala yang baik.”

Dalam kondisi ketakutan orang-orang Israel terhadap Filistin, Daud tampil sebagai gembala melawan Goliat, pendekar Filistin. Daud jugalah yang berhasil meyakinkan Saul sebagai raja, bahwa dia-lah orangnya yang mampu menghadapi dan mengalahkan Saul, karena pekerjaannya sebagai gembala bukanlah pekerjaan ringan. Sebagai gembala, dia telah berhasil menunjukkan kekuatannya melawan binatang-binatang buas, maka tidak ada alasan baginya untuk takut meiawan Goliat, pendekar Filistin yang mencemooh kehadiran Israel dengan barisan Allah yang hidup.

Renungan kita malam hari ini mengajarkan kita untuk memberikan penghormatan bagi semua anak-anak Tuhan yang selalu bersedia menyumbangkan tenaganya melayani Tuhan dan menumpas segala kendala yang berusaha menjegal atau menghambat pelayanan memuliakan Tuhan.

GB.269 :2
Doa : (Berikan Tuhan kemuliaan-Mu meliputi kami yang beribadah memuliakan nama-Mu. Jaga dan pelihara kami bagi kemuliaan nama-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *