Sabtu, 26 Mei 2018 – Renungan Malam

89 Kali dibaca, Diterbitkan: 26 May 2018        


Sabtu, 26 Mei 2018
Renungan Malam

KJ: 446: 1,2 – berdoa

PENUGASAN KHUSUS

Nehemia 12 : 44 – 47
“Karena merekalah yang melakukan tugas pelayanan bagi Allah….” (ayat 9)

Suatu kali ada satu alat baru yang dibeli gereja sebagai penunjang pelayanan dalam ibadah. Alat tersebut cukup besar dan ternyata tidak boleh dioperasikan oleh sembarang orang. Setelah berkonsultasi dengan pihak yang menjual alat tersebut, maka disepakatilah bahwa memang perlu disiapkan satu orang untuk menjadi tenaga khusus sebagai operator alat tersebut. Memang pernah satu kali saat orang yang ditugaskan khusus tersebut tidak hadir dan orang lain yang mengoperasikannya, alat tersebut kemudian mengalami masalah yang cukup serius. Poinnya di sini adalah memang membutuhkan orang khusus untuk suatu perkara yang khusus.

Perikop yang kita baca merupakan gambaran tentang pembagian tugas di bait suci yang berkaitan dengan tugas ritual. Ada yang bertugas menjaga berbagai bilik persembahan dan ada juga yang bertugas untuk melakukan pelayanan bagi Tuhan dan pentahiran. Mereka semua telah diatur sedemikian rupa sehingga segalanya menjadi rapih dan teratur. Terlebih bagi para imam dan orang Lewi yang memiliki penugasan khusus di bait suci.

Secara iman kita juga adalah orang-orang yang telah Tuhan siapkan untuk suatu penugasan khusus. Ketika Tuhan menebus kita dari segala dosa dan memberikan kuasa Roh Kudusnya sebagai penolong serta penghibur, di saat yang bersamaan Ia juga memberikan misi khusus-Nya untuk kita lakukan. la mau memakai kita sebagai pelayan-Nya di mana dan kapan aja. Sebagaimana Tuhan mengatur para pelayan-Nya di bait suci, Ia juga mengatur kita di tengah kehidupan nyata sebagai pelayan-Nya yang setia. Yang sekarang dapat kita lakukan adalah lebih lagi memberi diri untuk dibentuk oleh-Nya dan semakin lebih dalam lagi dalam mengasihi-Nya. Di mana pun kita berada, Ia mau memakai kita sebagai alat-Nya.

KJ: 446: 3
Doa: (Bentuklah hidupku ini ya Tuhan sesuai dengan kehendak-Mu, agar dapat melakukan segala yang Engkau percayakan)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *