Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

SABTU, 27 APRIL 2019 – Renungan Pagi

 

MINGGU PASKAH

GB.252:1 – Berdoa

IMAN YANG TERANCAM KEBERAGAMAN

1 Korintus 15: 12 – 19
“bagaimana mungkin ada di antara kamu yang mengatakan, bahwa tidak ada kebangkitan orang mati?” (ay.12)

Peristiwa Kebangkitan memunculkan sebuah pengakuan bahwa Yesus adalah Tuhan, bukan sekadar nabi atau guru. Itu sebabnya, Paulus berkata, andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sia jugalah kepercayaan kamu.” Kebangkitan membuat Yesus menjadi pusat dari pemberitaan dan pusat dari kepercayaan. Kekristenan tidak akan pernah ada jika tidak ada kebangkitan Yesus. Pemberitaan yang berpusat pada karya Kristus, membuahkan suatu kepercayaan yang memuat pembebasan manusia dari dosa dan maut serta anugerah hidup kekal.

Semua itu ditekankan kembali oleh Paulus untuk meyakinkan jemaat di Korintus yang hidup berdampingan dengan orang-orang yang tidak percaya pada kebangkitan orang mati. Jangan sampai jemaat tersesat karena pengaruh dari mereka. Korintus adalah kota pelabuhan terkenai pada masa itu. Ada beragam manusia yang menghuni kota tersebut. Akibatnya ada beragam juga kepercayaan yang dianut oleh penduduknya. Keberagaman ini saling berebut pengaruh dengan mempertentangkan satu kepercayaan dengan kepercayaan yang lainnya. Jemaat di Korintus juga tidak Iuput dari situasi ini.

Dalam menghadapinya, Paulus tidak menyuruh jemaat Korintus untuk melakukan kekerasan terhadap para penyesat. Dia memilih untuk menguatkan kepercayaan jemaat dengan ajaran yang benar. Dengan cara seperti ini, pengaruh dari para penyesat itu akan hilang dengan sendirinya.

Situasi ini dapat menjadi pembelajaran bagi kita yang hidup ditengah keberagaman. Kita tidak harus mengambil langkah bermusuhan dan menutup diri dalam berhubungan dengan siapapun demi menjaga iman kita. Yang perlu kita lakukan adalah bertekun selalu dalam pengajaran dan pengenalan pada Yesus Kristus yang hidup. Karena, bagaimana kita dapat menjadi terang, apabila kita menutup diri dari mereka yang ada di luar?

GB.252:3
Doa : (Ya Tuhan, bimbinglah kami untuk memelihara iman percaya hanya kepada-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya