SABTU, 28 JULI 2018 – Renungan Malam

42 Kali dibaca, Diterbitkan: 28 July 2018        


 

SABTU, 28 JULI 2018
Renungan Malam

KJ.357: 1 – Berdoa

AKU PELAYAN TUHAN, KAMU?

2 Korintus 11:16-33
Apakah mereka pelayan Kristus? — aku berkata seperti orang gila — aku lebih lagi! Aku lebih banyak berjerih lelah; lebih sering di dalam penjara (ay.23)

Melanjutkan renungan pagi, yang berbicara dalam dunia pelayanan, Paulus selalu menghadapi orang-orang yang mencari kemegahan di dalam dirinya, sehingga pelayanan yang dilakukan hanya untuk kepentingan dirinya sendiri. Rasul-rasul palsu menganggap bahwa mereka melakukan pelayanan atas nama Tuhan, tapi sebenarnya bukan untuk Tuhan. Disinilah Paulus mengkritik begitu keras dan berkualitas, ketika Paulus menempatkan diri sebagai orang bodoh…. terimalah aku sebagai orang bodoh supaya aku pun boleh bermegah sedikit (ay.16), hendak menunjukkan bahwa mereka yang bermegah di dalam dirinya termasuk dalam kategori orang-orang yang lebih bodoh dan disinilah Paulus menunjukkan kualitas sebagai pelayan Kristus, yang bermegah di dalam kelemahannya.

Kemudian Paulus mempertegas dengan memperlihatkan bagaimana pelayanan itu harus dilakukan, bagaimana pengalaman Paulus dalam dunia pelayanan yang begitu merasakan penderitaan dan tantangan. Lima kali aku di sesah orang Yahudi, setiap kali empat puluh kurang satu pukulan, tiga kali aku didera, satu kali aku dilempari dengan batu, tiga kali mengalami karam kapal, sehari semalam aku terkatung-katung di tengah laut (ay.24-25). Dengan pengalaman pelayanan yang begitu luar biasa ini Paulus hendak menunjukkan bahwa Paulus dimampukan untuk menghadapi hal-hal tersebut, tidak lari dari pelayanan, tidak gentar untuk melayani kembali, tetapi dengan penuh semangat juang Paulus terus melanjutkan tugas tanggungjawab mulia yang Tuhan telah utus dan percayakan kepadanya. Kuncinya menurut Paulus yaitu lakukanlah pelayanan itu seturut dengan kehendak Tuhan.

Bagaimana dengan kita? Apakah sepanjang hari ini, kita telah melayani Tuhan sesuai dengan kehendak-Nya? Apakah penderitaan yang kita alami dalam pelayanan membuat kita semakin bersemangat dalam gumul juangnya? aku pelayan Tuhan, kamu?

KJ-357: 3
Doa : (Bersyukur untuk gumul juang pelayanan kami hari ini, biarlah selalu kami puji dan muliakan)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *