SABTU, 28 JULI 2018 – Renungan Pagi

81 Kali dibaca, Diterbitkan: 28 July 2018        


 

SABTU, 28 JULI 2018
Renungan Pagi

KJ.320 : 1 – Berdoa

HATI-HATI DENGAN PELAYAN PALSU

2 Korintus 11:7-15
Sebab orang-orang itu adalah rasul-rasul palsu, pekerja-pekerja curang, yang menyamar sebagai rasul-rasul Kristus (ay.13)

Di tengah-tengah jemaat Korintus telah muncul pelayan-pelayan palsu yang berusaha untuk menawan hati jemaat. Mereka melakukan banyak hal meniru apa yang Pauius kerjakan, dan memang itulah salah satu cara kerja yang sering dipakai oleh iblis, yakni meniru ataupun menyamar sebagai malaikat terang dan pelayan-pelayannya sebagai pelayan-pelayan kebenaran. Menghadapi usaha iblis melalui rasul-rasul palsu tersebut, Paulus membeberkan fakta pelayanan yang tidak mungkin ditiru oleh iblis, yakni melalui pelayanan murni yang tidak mencari untung, bahkan Ia tidak meminta tunjangan apapun dari jemaat, sebaliknya ia tetap bekerja sebagal tukang tenda untuk mencukupi kebutuhannya.

Jerih lelah dan penderitaan Paulus dalam pelayanan menjadi kemegahan dan kebanggaan yang tidak dapat ditiadakan oleh siapapun termasuk oleh rasul-rasul palsu tersebut. Sementara rasul-rasul palsu tersebut hanya bisa membanggakan keadaan lahiriah mereka secara kelahiran. Tidak perlu kita heran jika kegiatan peIayan-peiayan jemaat palsu jaman sekarang dapat dengan mudah mencari pengikut, karena apa yang mereka sampaikan adalah berita yang menyenangkan bagi telinga manusia dan bukan menyenangkan Tuhan.

Maka, bila kita hanya bisa membanggakan hal-hal yang pada umumnya bisa dilihat dan menyenangkan bagi kedagingan saja, kapasitas rohani kita tidak lebih baik dan seorang pelayan palsu. “Maka, jangan takut akan apa yang harus kita derita oleh karena kebenaran, bahkan justru jadikanlah itu sebagai suatu kemegahan karena dipandang layak untuk mengalaminya” (Kisah Rasul 5:41).

KJ. 320: 2
Doa : (Beri kami kemampuan dan kekuatan untuk boleh menyenangkan hati Tuhan melalui gerak hidup kami)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *