SABTU, 4 MEI 2019 – Renungan Malam

66 Kali dibaca, Diterbitkan: 4 May 2019        


 

MINGGU I SESUDAH PASKAH

GB.50:1 – Berdoa

SALING MENERIMA SELAKU SAUDARA SEIMAN

Filemon 1:13-20
Kalau engkau menganggap aku temanmu seiman, terimalah dia seperti aku sendiri (ay.17).

Rasul Paulus menegaskan kepada Filemon kalau dia ingin menahan Onesimus bersamanya. Agar melayaninya di kala masih dalam tahanan. Meskipun Paulus bisa saja meminta kesediaan Filemon melayaninya karena Injil. Namun Paulus tidak mau jika Filemon melayaninya dengan terpaksa. Makanya Paulus minta pengertian Filemon agar memahami mengapa Onesimus melarikan diri darinya. Kemudian dia bertemu Paulus serta melayani Paulus untuk sementara dalam penjara.

Bagi Paulus tindakan Onesimus menjauhkan diri sesaat merupakan introspeksi atau mawas diri bagi Filemon agar mereka berdua bisa saling lebih memahami dan memaklumi keberadaannya masing-masing. Karena itu Paulus mengharapkan Filemon menerima Onesimus kembali bukan sebagai hamba lagi tetapi saudara. Pandanglah Onesimus dari sisi kemanusiaan maupun saudara di dalam Tuhan. Jikalau Filemon menganggap Paulus teman seiman terimalah Onesimus sebagai saudara seiman. Bahkan Paulus siap mengganti kerugian atau hutang Onesimus.

Tanpa memandang status sosial dan ekonomi seseorang yang memohon pendampingan karena menghadapi masalah perlu kita sikapi dengan serius. Misalnya soal relasi majikan dan asisten RT yang mengalami persoalaan. Mungkin sang majikan kurang manusiawi membuat asisten RTnya korban. Sebaliknya asisten RT barangkali mengambil sesuatu yang bukan haknya dari majikannya. Akibatnya terjadi perselisihan. Belajar dari Paulus kita mungkin terpanggil memediasi mereka untuk mendapat solusi yang saling menguntungkan. Tentu saja mediasi kita harus mengandalkan kasih dan pengampunan selaku hamba-hamba Tuhan. Sebagaimana Kasih Kristus yang telah mengampuni dan menyelamatkan kita semua tanpa memandang bulu.

GB.50:2
Doa : (Tuhan Yesus tolong kami saling mengasihi, mengampuni dan menerima satu dengan lainnya sebagai umat milik-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *