SABTU, 6 OKTOBER 2018 – Renungan Pagi

11 Kali dibaca, Diterbitkan: 6 October 2018        


KJ.400:1,2 -Berdoa

MEMPERCAYAKAN H|DUP PADA TUHAN

2 Samuel 15:24-31
“…biarlah dilakukan-Nya kepadaku apa yang baik dimata-Nya… ” (ay.26b)

Situasi kritis yang dialami Daud tidak membuatnya putus asa dan kehilangan kepercayaan kepada Allah Israel. Bacaan pagi ini membuktlkan bahwa Daud mempercayakan sepenuhnya kepada Allah, apa yang sudah dan yang akan terjadi pada dirinya. Setelah Raja Daud menyebrangi sungai Kidron, di berbicara kepada Imam Zadok dan Imam Abyatar. Perbincangan mereka seputar Tabut perjanjian Allah yang dibawa dalam pelarian Daud tersebut. Raja Daud memerintahkan kedua imam itu untuk membawa kembali Tabut Allah itu ke Yerusalem. Alasannya sangat teologis, yaitu sebagai wujud penyerahan diri Daud sepenuhnya pada kedaulatan Allah. Ia mempercayakan masa depan diri dan keluarganya pada tangan Tuhan sendiri. Namun selain itu, Daud yakin bahwa dengan kembalinya Tabut itu ke Yerussalem, ia akan dapat memperoleh keterangan terkini perihal kejadian-kejadian yang terjadi melalui informasl dari anak-anak Imam Zadok dan Abyatar.

Ayat yang menjadi fokus perhatian kita pagi ini hendak mengajak kita untuk bersikap seperti Daud ketika mengalami krisis hidup yang sudah meningkat tahapnya menjadi kristis. Daud mempercayai bahwa bila Tuhan berfirman bahwa Ia tidak berkenan kepada Daud, maka ia tetap yakin bahwa Allah akan memperlakukan apa yang baik di mata-Nya (ay.26). Keyakinan yang demikian terbentuk berdasarkan pengalaman hidupnya dimana Daud mengalami Tuhan dalam sepanjang perjalanan hidupnya, dan ternyata Tuhan tidak pernah mengecewakan dirinya. la sungguh-sungguh yakin bahwa dibalik, kesulitan dan krisis yang di alami ada rencana Tuhan yang terbaik untuk dirinya.

Saudara-saudaraku, marilah kita melangkah dan memulai hari ini dengan keyakinan yang kokoh bahwa Tuhan Yesus memiliki rencana indah dalam hidup ini, meskipun mungkin situasi yang sedang kita hadapi begitu berat dan menyedihkan. Percayakanlah hidup kita kepada-Nya maka la akan memelihara kita. Selamat berjuang di dalam Tuhan di hari yang baru ini.

KJ.400:3
Doa : (Ya Tuhan Yesus, ajarlah kami mempercayakan hidup kami sepenuhnya kepada-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *