Sabtu, 7 Oktober 2017 – Renungan Malam

89 Kali dibaca, Diterbitkan: 7 October 2017        


MINGGU XVII SES. PENTAKOSTA
SABTU, 7 OKTOBER 2017
Renungan Malam
GB.345:1 -Berdoa
MENYEHATKAN SUMBER BENCANA

2 Raja-Raja 2:19-22
Telah kusehatkan air ini, maka tidak akan terjadi lagi olehnya kematian atau keguguran bayi (ay.21)

Mujizat pertama yang dibuat Elisa ialah: menyehatkan sumber air yang mendatangkan bencana bagi masyarakat di Yerikho. Masalah kita zaman ini jauh berbeda dengan orang-orang Yerikho. Kalau di Yerikho ada sumber air yang mendatangkan bencana, maka saat ini ada begitu banyak sumber malapetaka yang ada di mana-mana, sehingga perlu disehatkan oleh orang-orang Kristen. Kalau air di Yerikho menggugurkan kandungan bayi, maka sekarang banyak sekali “sumber air” yang menggugurkan masa depan pemuda-pemudi, masa depan umat manusia. Oleh sebab itu dibutuhkan dan dicari Elisa zaman ini yang terbeban untuk menyehatkan sumber air yang telah rusak itu.

Gadget yang menjamur dengan seribu satu fasilitas membuka akses ke pornografi. Literatur yang terkontaminasi dengan ideologi sesat atau fundamentalisme yang menanam dan menumbuhkembangkan benih-benih kekerasan dan intoleransi. lndividualisme yang asyik dengan diri sendiri dan terasing dari dunia yang membutuhkan perhatian dan uluran tangan. Hedonisme dan mamonisme yang tidak saja merusak penganutnya tetapi juga merusak dunia disekeliling kita ketika sumber kekayaan bumi dikuras sampai tetes terakhir dan tidak tersisa untuk generasi-generasi yang akan datang. Masing-masing kita bisa membuat sendiri daftar panjang yang sedang meracuni dan merusak kehidupan bangsa.

Berangkat dari mujizat pertama yang dibuat Elisa, orang-orang Kristen di mana saja dan kapan saja ditantang untuk menyehatkan sumber-sumber malapetaka yang sedang tumbuh menjamur dan mengeroposkan kehidupan bangsa. Kalau Elisa menyehatkan sumber air di Yerikho dengan garam, maka kita sebagai anak-anak Tuhan tertantang untuk senantiasa menjadi garam dunia. Melalui kehidupan, kita harus mengasinkan kehidupan dunia yang mulai hambar atau menyehatkan sumber-sumber air malapetaka yang sedang menyerang umat manusia di segala bidang kehidupan.

GB. 345:2,3
Doa: (Tuhan, tolongjadikanlah kami garam dunia dan alatmu yang efektif menyehatkan sumber-sumber air bencana ada di mana-mana)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *