SABTU, 8 DESEMBER 2018 – RENUNGAN MALAM

8 Kali dibaca, Diterbitkan: 8 December 2018        


 

MINGGU ADVEN I

KJ.141: 1,2 “Yesus Tuhan Engkaulah Mesias”—Berdoa

ALLAH MEMBANGKITKAN

Yehezkiel 37 : 7–14
“Aku akan memberikan Roh-Ku ke dalammu, sehingga kamu hidup kembali dan Aku akan membiarkan kamu tinggal di tanahmu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, yang mengatakannya dan membuatnya, demikianlah firman TUHAN.”(ay.14)

Yehezkiel 37:7-14 menyatakan bahwa Allah berkenan membangkitkan kembali Israel yang telah mati. Hal ini dimaksudkan bersatunya kembali Israel yang telah terpecah, selanjutnya juga menunjukkan bahwa Allah berkenan membangkitkan dan menghidupkan kembali secara rohani kehidupan iman bangsa Israel yang telah mati. Mengapa? Karena selama ini bangsa Israel tidak setia kepada Tuhan, tetapi justru menyembah kepada berhala dan hidup dalam ketidak benaran. Oleh kerena itu Allah menghendaki umat Israel yang baru tidak Iagi seperti umat Israel dalam Perjanjian Lama, tetapi umat baru yang telah diiselamatkan dalam kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus, yaitu gereja yang telah dipanggil dari dalam kegelapan menuju terang-Nya untuk memberitakan karya Allah bagi dunia yang ingin diselamatkan.

Allah berkuasa membangkitkan, membangkitkan manusia dari kematian. Kehadiran dan karya Tuhan Yesus bersama dengan murid-murid-Nya ketika membangkitkan orang mati bahkan kebangkitan-Nya sendiri telah menunjukkan bahwa nubuat nabi Yehezkiel tentang kebangkitan orang mati ada sesuatu yang nyata dalam kehidupan manusia. Orang percaya adalah umat Allah yang telah dibangkitkan dari kematian dan hidup baru di dalam Kristus, yang disimbolkan dengan Baptisan. Orang percaya mempunyai tugas panggilan untuk memuliakan Allah dan menjadi saksi-Nya memberitakan lnjil dalam kata dan perbuatan.

KJ. 141 : 3 “Yesus Tuhan Engkaulah Mesias”
Doa : (Tuhan Yesus mampukan kami untuk setia memberitakan injil-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *