Sabtu, 9 Desember 2017 – Renungan Pagi

128 Kali dibaca, Diterbitkan: 9 December 2017        


MINGGU ADVEN I
SABTU, 9 DESEMBER 2017

Renungan Pagi
GB.312a : 1- Berdoa

HARI TUHAN YANG DAHSYAT

Maleakhi 4 : 1 – 3
Tetapi kamu yang takut akan nama-Ku, bagimu akan terbit surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya (ay.2a)

Seorang pelukis asal ltalia yang hidup pada abad ke-16 bernama Gianluca Biccomo (baca:Jianluka Bikomo) pernah membuat sebuah lukisan yang menggambarkan bagaimana Tuhan Yesus datang ke dalam dunia pada saat hari penghakiman berdasarkan kitab Wahyu. Ketika mempersembahkan lukisan itu dihadapan Paus sebagai pemimpin gereja Katolik, ia berkata, “Semoga orang yang melihat lukisan ini bisa mendalami keagungan Kristus sebagai Hakim yang membawa sukacita bagi mereka yang hidup dalam ajaran-Nya, dan membawa ketakutan bagi mereka yang mengabaikan ajaran-Nya.”

ltulah pemahaman tentang hari Tuhan menurut nabi Maleakhi. Orang-orang Israel di Yerusalem diajak memahami kuasa Tuhan yang besar dalam hidup mereka. Tuhan akan mengasihi mereka yang taat kepada-Nya, namun tak segan akan menghukum mereka yang melawan kehendak-Nya tanpa mau bertobat. ltulah hari Tuhan. Nabi Maleakhi juga menyampaikan bahwa hari Tuhan itu tidak terjadig dalam waktu dan cara yang diatur manusia, melainkan oleh Tuhan sendiri.

Sebagai pengikut Kristus, kita pun diingatkan tentang hari Tuhan yang dahsyat itu. Jika orang Israel di masa lalu belum tahu siapa yang akan datang menghakimi mereka di hari Tuhan itu, namun kita sudah tahu bahwa Tuhan Yesus Kristus yang akan menjadi Hakim Agung itu. Kita tidak tahu kapan itu akan terjadi. Namun kita diingatkan agar terus berjaga-jaga menantikan kedatangan hari tersebut dengan terus memelihara ikatan iman bersama kasih Kristus dan mewartakan kesaksian tentang kasih Kristus itu dalam hidup sehari-hari. Mari kita mempersiapkan hidup kita dalam proses penantian tersebut.

GB.312a : 3
Doa : (Tuhan, sertai langkahku agar senantiasa hidup dalam kebenaran yang ada dalam nama-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *