Sabtu, 9 Juni 2018 – Renungan Malam

87 Kali dibaca, Diterbitkan: 9 June 2018        


Sabtu, 9 Juni 2018
Renungan Malam

KJ.417 : 1,2 – Berdoa

TUHAN MEMBERIKAN KEKUATAN DAN SOLUSI

2 Raja-Raja 19:4-7
“Janganlah engkau takut terhadap perkataan yang kaudengar yang telah diucapkan oleh budak-budak raja Asyur untuk menghujat Aku.” (ay.6)

Bagi siapapun yang mendengar suara Goliat, Daud mengingatkan: pusatkan perhatian pada raksasa – anda akan tersandung, pusatkan pikiran pada Allah – raksasa akan tumbang”. Demikianlah penggalan kutipan dari Buku “Facing Your Giants” karya Max Lucado. Dalam menghadapi goliat atau raksasa “zaman now” yaitu beban ekonomi, kesakitan, penderitaan, permasalahan keluarga dan sebagainya, seringkali kita merasa putus asa, ketakutan, tak berdaya dan menyerah. Ketidakberdayaan yang diselimuti ketakutan itu bisa terjadi karena kita terlalu memusatkan diri pada kekuatan manusia bukan kekuatan Allah.

Hizkia sebagai raja Yehuda menghadapi dua tantangan yang tidak mudah. Yang pertama adalah kepungan Sanherib, raja Asyur, yang ingin menaklukan Yerusalem. Dan yang kedua adalah penghinaan bangsa Asyur terhadap TUHAN bangsa Israel. Hizkia memaknai keterbatasan dirinya sebagai seorang raja untuk melawan kekuatan besar bangsa Asyur. Hizkia mempertaruhkan permasalahan ini kepada TUHAN melalui nabi Yesaya bin Amos. Hizkia menaruh kepercayaan pada penjagaan dan penyertaan Allah dalam permasalahanan yang dia hadapi. Apa jawaban Tuhan atas permohonan Hizkia? Yang pertama adalah “Janganlah engkau takut”, sebuah kekuatan untuk menghadapi masalah.

Dan yang kedua adalah “Asyur pulang dan dikalahkan” (2 Raj 19:7,35) sebagai solusi dari permasalahan Hizkia.
Seringkali, ketakutan dan ketidakberdayaan membuat manusia putus asa dan akhirnya mengambil jalan pintas seperti narkoba atau bahkan bunuh diri. Mari hadapi “raksasa-raksasa” itu bersama dengan TUHAN yang tidak hanya memberikan kekuatan, tetapi juga memberikan jalan keluar terhadap persoalan. Tidak ada persoalan yang terlalu sulit bagi Tuhan karena tidak ada yang mustahil bagi-Nya. Janganlah takut sebab Tuhan beserta kita.

KJ.417 : 7
Doa : (Allah Maha pengasih, berikanlah kami kekuatan untuk mengahapi permasalahan yang kami miliki dan berikanlah jalan keluar yang terbaik seturut kehendak Tuhan)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *