Selasa 04 Agustus 2020 – Renungan Pagi

22 Kali dibaca, Diterbitkan: 4 August 2020        


MINGGU IX SES. PENTAKOSTA


  KJ. 424 : 1 – Berdoa

Bertolong-Tolonganlah

3 Yohanes 1 : 5 – 8

Dunia dan bangsa Indonesia sedang bergumul dengan wabah virus corona atau covid-19. Tidak sedikit orang mengalami dampak dari virus tersebut. Di tengah upaya penanganan yang terus dilakukan oleh pemerintah, kita bersyukur karena tidak sedikit orang, kelompok-kelompok masyarakat atau lembaga sosial termasuk gereja membantu melalui pemberian sembako, uang atau Alat Pelindung Diri kepada mereka yang terdampak dan bekerja di garda terdepan. Bantuan tersebut seperti oasis di padang gurun yang gersang dan panas.

Membantu atau menolong secara tidak langsung berkontribusi bagi kehidupan dan kelangsungan suatu perjuangan. Hal ini juga yang diangkat oleh Yohanes menyikapi apa yang dilakukan Gayus terhadap para pekabar Injil. Para pekabar Injil tersebut merasa sangat terbantu dengan perbuatan yang dilakukan Gayus yaitu menerima mereka tinggal di rumahnya dan menjamu mereka. Padahal Gayus sama tidak mengenal mereka. Alasan dari perbuatan Gayus adalah karena ia seorang yang percaya kepada Kristus dan hidup dalam kebenaran. Iman mendorong Gayus menolong dan hal tersebut ia lakukan dengan penuh kasih. Sikap inilah yang dimaksud Yohanes dengan mengatakan : ‘engkau menolong mereka…..dengan cara yang berkenan kepada Allah”. Tidak itu saja, Gayus telah mengambil bagian dalam pekerjaan memberitakan Injil Kristus.

Dengan didasari iman dan kasih, gereja diarahkan senantiasa tanpa lelah menunjang pekerjaan pemberitaan Injil dengan cara menolong sesama secara nyata. Paulus menegaskan : ‘Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus’ (Gal. 6:2).


♪ KJ. 424 : 2, 3
Doa : (Jadikan hidup kami saluran berkat melalui kesediaan menolong sesama)

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *