Selasa 08 September 2020 – Renungan Malam

21 Kali dibaca, Diterbitkan: 8 September 2020        


MINGGU XIV SES. PENTAKOSTA

KJ. 448 : 1, 2 – Berdoa

1 Timotius 6 : 20 – 21

Bincang-Bincang Keluarga

Seberapa jauh pengetahuan itu dapat menyesatkan orang? Jawabnya, cukup jauh! Zaman ini, kita semua dilanda apa yang disebut dengan informasi yang berlebihan (overloaded information). Ada informasi yang penting dan berguna. Ada informasi yang ringan tapi mengilhami. Ada informasi yang tidak benar dan sangat merisaukan. Ada informasi yang sekadar untuk melucu. Lalu, bagaimana kita dapat memilah : mana yang omong kosong, tidak suci dan menimbulkan pertentangan dengan yang benar, penting dan perlu ditindak-lanjuti?

Pertanyaan serupa juga mungkin muncul di benak Timotius, sehingga Paulus menguatkannya dengan mengatakan: “Peliharalah apa yang telah dipercayakan kepadamu.” Paulus menegaskan bahwa yang benar hanyalah firman Tuhan. Berdasarkan firman Tuhan yang telah dibaca, didengar dan dipelajari, kita dituntun untuk dapat bersikap terhadap perkembangan keadaan dan bertindak secara tepat.

Dalam konteks keluarga, ambilah waktu untuk membahas segala berita terkini dengan seisi rumah. Sebelumnya, tetapkanlah aturan bahwa setiap anggota keluarga dapat menjadi narasumber, berdasarkan pengetahuan, pengalaman dan pendapatnya. Aturan ini ditetapkan supaya perbincangan dalam keluarga tidak ‘didominasi’ oleh salah satu anggota keluarga, sehingga menjadi membosankan, membuat yang lain pasif bahkan mengarah kepada pemaksaan pemikiran. Dalam proses ini, keluarga akan diperkaya dengan pola pikir yang muncul untuk mengkaji kebenaran berita maupun menguji cara berpikir kita sendiri. Pada akhir percakapan, dengan bimbingan Roh Kudus, keluarga diajak untuk mencari tahu, apa yang sedang disampaikan Tuhan kepada kita melalui semua berita maupun peristiwa yang terjadi hari ini.

Proses ini memperlihatkan bahwa kita butuh kawan bicara untuk marnpu mernilah antara omongan yang kosong dengan ajaran yang benar. Keluarga adalah kawan bicara terdekat yang disediakan Tuhan bagi kita.

KJ.451 : 1, 2
Doa : (Ya Tuhan, mohon titipkanlah hikmat-Mu dalam setiap percakapan di keluarga kami)

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *