Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Selasa 1 Desember 2020 – Renungan Malam

MINGGU ADVEN I

KJ. 412 : 1 – Berdoa

Matius 8 : 5 – 13

Memimpin Dengan Iman Yang Rasional

Pernahkah saudara mendengar pengakuan seorang ibu atau ayah yang mengatakan, bahwa kalau anak mereka sakit maka mereka pun merasa sakit? Tentu kasusnya akan banyak terdengar dan bahkan kita sendiri alami. Nah, bagaimana dengan orang-orang yang bekerja pada seseorang? Apakah ketika mereka sakit, sang pemimpin merasa ikut secara otomatis sakit? Tentu jawabannya tidak sepersis pengalaman di atas.

Perwira dalam bacaan hari ini menceritakan kondisi hambanya. Bukan saja jenis penyakit yang dialaminya, tapi situasi penderitaan hambanya. Sebagai seorang yang hidup dalam lingkup kedisiplinan militer yang kuat, ia memahami aturan main dan arti kedudukan serta kuasa yang dimiliki.

Yesus bersedia menolong perwira tersebut dengan menawarkan diri untuk datang ke rumahnya. Perwira tersebut menjawab dengan halus, “Aku dan rumahku tidak layak untuk pribadi mulia seperti Guru”. la sadar, bahwa dari segi kehidupan spiritual ia menggolongkan dirinya sebagai pribadi yang “kotor”. la hanya meminta Yesus mengatakan sepatah kata. la yakin, Yesus memiliki otoritas menyembuhkan. Jadi hanya dengan mengatakan satu kata, maka kuasa sebuah perkataan tersebut akan bekerja. Dalam persamaan dengan pengalaman di dunia militer, perwira tersebut yakin, jika kuasa Yesus lebih tinggi dari penyakit hambanya, maka penyakit itu akan tunduk. Yesus sangat menghargai cara berpikir, atau iman perwira tersebut.

Seorang pemimpin perlu memahami, bahwa akal sehat dapat dipakai dalam meyakini apa yang Yesus sanggup lakukan bagi hidupnya dan orang lain. Yesus mengizinkan kita memahami pekerjaan-Nya dengan akal, karena Dialah yang menciptakannya. Namun demikian, ada hal yang tidak diijinkan-Nya dipahami dengan akal (band. Lukas 24:45). Akhirnya, arahkanlah pikiran untuk kesejahteraan orang lain, sebagaimana kita menginginkan hal tersebut!

KJ. 412 : 2
Doa : (Bapa, mohon berkatilah pikiran hamba-Mu ini untuk dapat mengerti cara membangun hubungan iman dengan-Mu. Mohon tuntunlah hamba-Mu ini dan karuniakanlah kasih untuk mengasihi mereka yang dipimpin)


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya