Selasa 1 September 2020 – Renungan Malam

13 Kali dibaca, Diterbitkan: 1 September 2020        


MINGGU XIII SES.PENTAKOSTA

GB. 245 : 1 – Berdoa

Kidung Agung 1 : 7 – 8

Menceritakan Tentang Cinta

Kitab-kitab dalam Alkitab awalnya adalah tulisan-tulisan lepas dan terpisah satu dengan lainnya. Meskipun demikian kitab-kitab tersebut memiliki benang merahnya yaitu sama-sama mewariskan cerita pengalaman hidup umat pilihan dengan TUHAN (YHWH) atas dasar perjanjian. Pengalaman hidup sebagai umat perjanjian yang terkandung dalam kitab-kitab membuat sebuah kitab dipilih dan menjadi satu kesatuan dalam Alkitab. Kisah tentang cinta kasih Allah, misalnya, terdapat pada Kitab Ulangan, ketika Musa mengulangi kisah TUHAN Allah menuntun perjalanan bangsa Israel keluar dari tanah Mesir menuju tanah Kanaan. Jadi, saat membaca Alkitab berarti kita sedang berhadapan dengan kisah yang telah diucapkan ribuan tahun yang lalu, yang mengisahkan tentang cinta kasih TUHAN.

Hari ini pun kita membaca Kidung Agung 1:7 tentang ungkapan cinta kasih dua kekasih. Mereka saling mengajak untuk menceritakan pengalaman hidupnya dalam rangka membangun relasi dan fondasi cinta yang kokoh-kuat. Kedua sejoli tidak menutup-nutupi serta mengisahkan segala hal tentang diri mereka dengan penuh kehangatan; ada keterbukaan untuk saling bercerita. Keterbukaan akan membebaskan mereka dari rasa curiga sehingga makin tumbuh saling percaya dan menguatkan cinta kasih di antara mereka berdua.

Akhiri hari ini dengan syair dan tembang cinta antara suami-isteri dan orang tua-anak dalam keluarga. Bagi calon mempelai laki-laki dan perempuan ceritakanlah siapa dirimu kepada pasanganmu, maka kalian berdua akan membangun landasan kepercayaan yang kokoh. Orang tua setiap saat diberi waktu oleh TUHAN berbagi kisah iman dengan anak-anaknya di rumah. Pakailah perangkat komunikasi yang kita miliki untuk berbagi cerita dengan anggota keluarga. Saat di perjalanan, maupun di tempat kerja, kita bisa berbagi cerita dengan orang-orang yang kita kasihi. Dengan demikian iman keluarga kita tetap terpelihara.

KJ. 245 : 2
Doa : (Tuhan Yesus yang penuh kasih, berkati kami dengan Roh Kudus-Mu agar mampu bercerita tentang cinta kasih Allah dengan benar)

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *