Selasa 1 September 2020 – Renungan Pagi

25 Kali dibaca, Diterbitkan: 31 August 2020        


MINGGU XIII SES. PENTAKOSTA

GB. 40 : 1 – Berdoa

Kidung Agung 1 : 1 – 4

Cinta Itu Seirama

Menurut Ensiklopedi Alkitab Masa Kini (2001 ) kata Anggur dalam Perjanjian Lama diterjemahkan dari beberapa kata Ibrani. 1. Yayin = anggur; 2. Sekhar = minuman keras; dan 3. Tirosy = anggur baru atau manis. Artinya, anggur selalu memiliki dua sisi kegunaannya dan bahayanya. Anggur menyukakan hati manusia, tetapi juga menyebabkan pemikiran yang keliru. Anggur dapat dihubungkan dengan kegirangan hati atau juga kemarahan. Anggur dapat membuat malu seperti pengalaman Nuh (Kej.9:20) atau dipakai untuk menghormati orang Iain.

Kidung Agung 1 : 2 menggunakan kata ‘cinta’, terjemahan dari Bahasa Ibrani ‘dod’ yang berarti : kekasih, cinta, mendidih. Kata cinta pada dasarnya mengandung pemahaman yang menghangatkan kehidupan; membuat hidup menjadi bersemangat. Bagi banyak orang, anggur sangatlah nikmat dan menghangatkan serta mendatangkan sukacita. Pertemuan antara dua kekasih yang saling mencintai atau perayaan-perayaan kekerabatan terkadang diwarnai dengan minum anggur. Namun, penyair Kidung Agung mau mengatakan bahwa kenikmatan dari cinta sejati antara dua sejoli melebihi anggur. Cinta sejati “dod’ menghangatkan relasi antara laki-laki dan perempuan. Cinta yang menghangatkan adalah cinta yang seirama.

Menjalani aktivitas di hari ini, mari menjadi pribadi yang menghadirkan kehangatan dan sukacita untuk dialami oleh semua orang. Dimulai dari rumah tangga sampai ke ruang-ruang usaha, kerja, sekolah dan pergaulan kita. Lakukan segala sesuatu tidak hanya dengan otot, tetapi terlebih dengan cinta. Perkataan dan perbuatan harus seirama (1:1). Yang seirama (1:2) akan selalu disenandungkan dan dirindukan keharumannya (1:3). Anggur bisa menghadirkan suasana yang tidak seirama tetapi cinta sepasang kekasih adalah cinta seirama. Selamat mewarnai dan menghangatkan hidup dan kerja kita dengan cinta sejati, karena cinta bersumber dari Tuhan. Tuhan adalah cinta.

GB. 40 : 3
Doa : (Tuhan Yesus yang penuh cinta, penuhi kami dengan cintaMu dan murnikan serta hangatkan hubungan kami dengan cinta sejati)

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *