Selasa 13 Oktober 2020 – Renungan Pagi

12 Kali dibaca, Diterbitkan: 12 October 2020        


MINGGU XIX SES. PENTAKOSTA

♪ KJ.52 : 1,2 – Berdoa

Hosea 8 : 11 – 12

Mengenal Tuhan Lewat Firman-Nya

Pada umumnya masyarakat lebih tertarik kepada ritus (upacara) keagamaan ketimbang mempelajari kehendak Allah yang tertulis dalam kitab suci. Hal ini juga berlaku dikalangan umat Israel pada zaman Hosea. Tuhan menyatakan bahwa umat Israel telah memperbanyak mezbah-mezbah. Mezbah-mezbah itu menjadikan mereka berdosa (ay. 11). Bagi bangsa itu telah disediakan pengajaran dari firman Tuhan, tetapi mereka menganggapnya sebagai sesuatu yang asing (ay. 12). Karena itu mereka tidak begitu memperdulikannya.

Mezbah-mezbah itu membuat Israel berdosa karena digunakan untuk pemujaan dewa-dewi bangsa-bangsa di Kanaan dan sekitarnya. Dengan memperbanyak mezbah, maka bangsa Israel semakin memuja dewa-dewi Kanaan. Dengan begitu mereka semakin meninggalkan Tuhan dan melanggar kehendak-Nya. Dulu sesudah bangsa itu keluar dari Mesir, mereka berjanji setia kepada Tuhan. Dengan menganggap bahwa pengajaran tertulis dari Tuhan (Kitab Suci atau Alkitab) sesuatu yang asing, dengan begitu mereka tidak mau mendengar dan mempelajari firman Tuhan. Umat Israel hidup dalam dosa. Mereka tidak setia menjadi umat Tuhan dan tidak suka memahami kehendak-Nya.

Tuhan tidak berkenan jika umat-Nya melanggar janji setianya kepada-Nya dan kurang mengenal kehendak-Nya dalam kitab suci. Berdasarkan praktek kehidupan beriman, maka dapat disimpulkan bahwa ketidaksetiaan kepada Tuhan merupakan akibat dari ketidaktahuan dan ketidakpahaman akan firman maupun kehendak-Nya. Karena itu, marilah kita mengembangkan tatanan dan kegiatan berjemaat yang dapat dipertanggung-jawabkan secara teologis, alkitabiah dan gerejawi.

♪KJ.52 : 3

Doa : (Ya Tuhan, firman-Mu itu pelita bagi hidup setiap orang. Tolong kami agar rajin membaca Alkitab dan melakukannya.)

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *