SELASA, 15 JANUARI 2019 – Renungan Pagi

38 Kali dibaca, Diterbitkan: 15 January 2019        


 

MINGGU SESUDAH EPIFANIA

KJ.342:1 – Berdoa

GEREJA YANG MELAKSANAKAN FUNGSI MENGAJAR

1 Korintus 14:18-19
Tetapi dalam pertemuan Jemaat aku lebih suka mengucapkan lima kata yang dapat dimengerti untuk mengajar orang lain, dari pada beribu-ribu kata dengan bahasa roh (ay.19).

Paulus belum berhenti menyampaikan kritikan kepada jemaat Korintus yang suka membanggakan karunia berbahasa roh dalam pertemuan jemaat dan ibadah. Di ayat 18, Paulus mengatakan bahwa ia juga mendapat karunia berbahasa roh. Bahkan ia mengklaim bahwa ia bisa berbahasa roh lebih baik daripada jemaat Korintus.

Namun demikian ia tidak pernah membanggakan diri atas karunia berbahasa roh yang dikaruniakan kepadanya. Dengan Kerendahan hati ia justru mengatakan bahwa dalam pertemuan jemaat ia lebih suka mengucapkan lima kata yang dapat dimengerti untuk mengajar orang lain, dari pada ribuan kata dafam bahasa roh. Kata “mengajar” di sini diterjemahkan dari kata Yunani : karekheo. Kata Karekheo di ayat 19 berarti mengajar berulang-ulang di telinga tentang kehidupan dan pengajaran Yesus dan juga Firman Allah, sehingga orang yang diajar akhirnya bisa menerima dan mengerti.

Firman Tuhan hari ini menyadarkan kita bahwa Gereja sebagai persekutuan orang percaya, tidak boleh mengabaikan, apalagi melupakan fungsi mengajar. Fungsi mengajar bisa dilakukan melalui keseluruhan tugas panggilan dan pengutusan Gereja, yaitu melalui kegiatan persekutuan, pelayanan dan kesaksian. Fungsi itu harus terus menerus dilakukan oleh Gereja secara berkesinambungan dari generasi ke generasi dengan melibatkan seluruh warga gereja, baik dalam kehidupan keluarga, maupun persekutuan jemaat.

Tujuan akhirnya jelas, yaitu 1 warga jemaat diperlengkapi sehingga mengalami perubahan dan pertumbuhan untuk mencapai kedewasaan penuh dalam Kristus, dan bertumbuh dalam segala hal ke arah Kristus (Efesus 4: 11-16). Secara khusus sebagai orangtua, kita diingatkan bahwa di tengah kesibukan kita, mari kita menyediakan waktu untuk mengajar anak-anak kita tentang karya keselamatan Allah dalam Yesus, sehingga mereka mengasihi Yesus Kristus di sepanjang hidup mereka.

KJ. 342 : 3
Doa :(Ya Yesus Kristus, Guru yang Agung, sebagaimana Engkau telah mengajar kami, biarlah kiranya hidup kami juga Engkau pakai untuk membina dan mengajar jemaat-Mu untuk melakukan Firman dan kehendakMu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *