SELASA, 16 JULI 2019 – Renungan Pagi

35 Kali dibaca, Diterbitkan: 16 July 2019        


 

MINGGU IV SESUDAH PENTAKOSTA

KJ.322 : 1 – Berdoa

LAKUKAN YANG HARUS DILAKUKAN

Ulangan 1:34-40
“kecuali Kaleb bin Yefune. Dialah yang akan melihat negeri itu dan kepadanya dan kepada anak-anaknya akan Kuberikan negeri yang diinjaknya itu, karena dengan sepenuh hati ia mengikutl TUHAN”. (ay. 36)

Musa dihukum, sementara Kaleb diberkati. Dua pribadi yang disebutkan dalam pembacaan kita hari ini, menerima sangsi yang berbeda atas sikap mereka. Musa seorang pemimpin bangsa, yang melakukan apa yang Allah perintahkan. Kaleb hanya salah seorang utusan yang dipilih untuk mengintai negeri yang dijanjikan Tuhan. Musa mengalami murka Tuhan karena umat Israel meragukan tindakan Allah atas mereka. Akibatnya berlaku hukuman Tuhan atas Musa. Ia tidak diijinkan memasuki negeri yang dljanjikan, Kanaan. Sebagai pemimpin, Musa harus terima hukuman akibat ulah umat yang ia pimpin. Sebaliknya Kaleb menerima ganjaran, yaitu ia menerima tanah yang dijanjikan, karena ia sepenuh hati mengikuti Tuhan. Hukuman itu tidak saja berlaku atas Musa, tetapi juga pada seluruh angkatan. Sebaliknya, anugerah tanah perjanjian diterima oleh Kaleb dan seluruh keturunannya.

Setiap keputusan memillki konsekuensi. Setiap tindakan ada akibatnya.Keputusan untuk percaya pada Allah sepenuh hati di tengah kekuatiran, memberikan kepastian pada pemenuhan janji Allah dan kekuatan bagi seseorang. Sesungguhnya menjadi percaya itu tidak bergantung pada berbagai bukti yang dapat dilihat. Setiap orang yang memiliki percaya adalah mereka yang tetap taat ditengah berbagai kondisi, situasi dan konsekuensi yang sangat sulit. Sebagai pemimpin sadarilah bahwa apa yang kita putuskan selalu memiliki dampak atas mereka yang kita pimpin. Sebaliknya sebagai orang yang dipimpin, sikap dan tingkah laku kita berdampak pada seluruh komunitas termasuk orang yang memimpin kita.

Mari belajar dari Musa dan Kaleb, apa yang mereka lakukan berdampak pada Israel dan kehidupan keluarga mereka di masa depan. Waspadalah terhadap keputusan dan tingkah laku kita, apakah mencerminkan ketaatan kita pada Allah?

KJ.322 : 2
Doa : (Sinarilah kami Tuhan dengan terang-Mu, supaya kami dapat memancarkan sinar-Mu ke sekeliling kami)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *