Selasa, 20 Februari 2018 – Renungan Malam

108 Kali dibaca, Diterbitkan: 20 February 2018        


 

Minggu VI Pra Paskah

Selasa, 20 Februari 2018
Renungan Malam

TANGAN TUHAN BAGI UMAT-NYA

1 Samuel 7:13-14
“Demikianlah orang Filistin itu ditundukkan dan tidak lagi memasuki daerah Israel. Tangan TUHAN melawan orang Filistin seumur hidup Samuel” (ayat 13)

Apakah yang kita perhatikan jika kita melihat sebuah foto atau lukisan? Warnanya? Pemandangannya? Orangnya? Ya, mungkin semua yang ada dalam foto itu akan kita perhatikan. Dan tidak sedikit dari kita yang ingin tahu, sesuatu yang tidak terlihat di foto itu; cerita atau keterangan lain tentang peristiwa yang ada di foto itu yang akan membuat kita lebih jelas mengerti dan memahami serta menghargai foto itu.

Pada masa Samuel memang belum ada teknologi foto yang secanggih sekarang; tetapi peristiwa di Mizpa dan Yesana, diingat dan dicatat oleh orang Israel bahwa kalau bukan TUHAN yang menolong mereka, maka mereka tidak mungkin menang dari tentara Filistin. Bahkan bukan hanya kemenangan perang yang diterima Israel, tetapi juga kesempatan membangun hubungan damai dengan orang Amori juga terwujud. Peristiwa yang terjadi di Mizpa dan Yesana menjadi bukti nyata pertolongan TUHAN bagi umat-Nya. Pertolongan-Nya membuat hidup umat-Nya bebas dari tekanan dan memungkinkan umat-Nya untuk membangun hidup yang lebih baik.

Hari ini, bukankah ada “foto” hidup kita? Adakah di dalamnya kesaksian tentang karya pertolongan dan pemeliharaan Allah bagi kita? Tangan TUHAN yang menolong Israel, adalah Tangan TUHAN yang sama, yang menuntun, menggenggam dan menjaga serta memberkati kita. Kita syukuri hari ini, karena karya TUHAN yang nyata bagi kehidupan kita.


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *