SELASA, 22 JANUARI 2019 – Renungan Malam

124 Kali dibaca, Diterbitkan: 22 January 2019        


 

MINGGU II SESUDAH EPIFANIA

K.J. 413:1 – Berdoa

PERINTAH TUHAN MENDATANGKAN KEBAIKAN

Mazmur 19:8-15
Titah TUHAN itu tepat, menyukakan hati; perintah TUHAN itu murni, memhuat
mata bercahaya. (ay.9).

Di suatu persimpangan jalan, lampu lalu lintas berwarna hijau menyala, maka semua pengendara yang melihat tanda tersebut segera jalan. Sebaliknya, begitu melihat lampu warna merah menyala, maka pengendara yang melihat pentunjuk jalan itu akan berhenti. Peraturan ini berlaku di seluruh jalan yang ada di muka bumi ini. Tujuan aturan itu adalah agar setiap pengendara selamat ketika melintasi persimpangan, karena terhindar dari tabrakan.

Jika manusia saja tahu bahwa peraturan lalu lintas itu penting bagi keselamatan dirinya dan sesamanya. apalagi Tuhan Allah. Pencipta langit dan bumi serta pengatur alam semesta. Ia lebih mengetahui yang terbaik bagi kehidupan manusia. Tentunya peraturan-peraturan yang Tuhan buat itu untuk kebaikkan manusia. Pemazmur mengalaminya dan menyatakan hal tersebut secara khusus pada ayat 9.

Pemazmur menyatakan bahwa titah Tuhan itu tepat menyukakan hati, dan perintah Tuhan itu murni. Perintah Tuhan murni oleh karena tujuan akhirnya adalah kebaikkan manusia ciptaan Tuhan itu sendiri dan bukan semata agar Tuhan dimuliakan oleh manusia. Tuhan tidak membuat aturan yang membuat manusia menderita, tetapi memberikan kebahagiaan dalam hidup, jika manusia melakukannya dengan sungguh-sungguh dan setia. Peraturan Tuhan justru menunjukkan kepedulian-Nya terhadap hidup manusia agar merasakan kedamaian dan sejahtera.

Berdasarkan kesaksian pemazmur ini, marilah anak-anak Tuhan kita pada masa kini untuk mantapkan hati belajar patuh dan taat kepada perintah-perintah Tuhan yang kita terima dalam hidup ini, Walaupun terkadang datang godaan untuk tidak patuh. Biarlah iman kita kepada Tuhan meneguhkan kita untuk menghadapi godaan dengan tetap berpegang pada peraturan-peraturan Tuhan, sebab itulah yang membimbing kita untuk tetap berada pada keselamatan yang diberikan Tuhan selama kita hidup di dunia ini.

KJ.413:2,3
Doa : (Tuhan, berilah kami Roh Kudus yang menuntun kami agar selalu patuh dan taat melakukan peraturan-peraturan-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *