Selasa, 22 Mei 2018 – Renungan Malam

39 Kali dibaca, Diterbitkan: 22 May 2018        


Selasa, 22 Mei 2018
Renungan Malam

KJ 249:1 – Berdoa

BEKERJASAMA UNTUK MENCAPAI KEBERHASILAN

Nehemia 3 : 1 – 15
“Maka bersiaplah Imam besar & para imam, lalu membangun kembali pintu gerbang domba. Mereka mentahbiskannya berdekatan dengan mereka orang-orang Yerikho membangun…” (ay.1,2)

Barbara Glacel & Emile Robert Jr menyatakan bahwa “Sebuah tim lebih dari sekadar sekumpulan orang karena di dalamnya ada proses memberi dan menerima”. Pernyataan ini mau mengingatkan kepada kita bahwa sebuah Tim yang baik adalah sekelompok orang yang di dalamnya mampu menjalankan fungsinya untuk melengkapi anggota tim lainnya dalam usaha untuk mencapai tujuan bersama.

Nehemia, menyadari betul bahwa usaha membangun kembali Yerusalem yang Allah kehendaki bukanlah hal yang mudah; karena itu dibutuhkan peran serta seluruh bangsa Yehuda. Dalam kesadaran itulah Nehemia bergandengan tangan bahu membahu bersama dengan Imam besar, para imam dan seluruh penduduk Yerusalem tanpa mempedulikan status sosial tinggi ataupun rendah. Mereka bersama mengerjakan proses pembangunan Yerusalem. Dalam teks kita, digambarkan dengan jelas bahwa pekerjaan pembangunan ini dapat dilakukan dengan kerjasama yang baik karena : a) setiap orang menyadari fungsinya masing-masing untuk melengkapi yang lain; b) setiap orang memiliki focus yang sama yaitu melakukan Karya Allah.

Membentuk sebuah tim memang mudah, tetapi membangun sebuah tim yang mampu menyelesaikan sebuah rencana dengan baik tidak mudah. Mengapa? Menjalankan tugas dalam sebuah tim dibutuhkan: 1) kesadaran bahwa setiap kita berbeda; 2) kesadaran bahwa setiap orang memiliki kekurangan; 3) kesadaran bahwa perbedaan itu ada, agar kita bisa melengkapi kekurangan orang lain. Dan terakhir 4) Lakukan apa yang Allah mau dan bukan apa yang kita mau. Selamat berjuang untuk membangun TEAM (Together Everyone Achieves More). Bersama semua orang mencapai yang lebih baik.

KJ 249:2,3
Doa : (Bapa, ajar kami untuk menyadari fungsi kami dalam melengkapi sesama kami, sehingga kami bisa saling bekerja-sama untuk menyelesaikan karyaMu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *