Selasa, 24 Oktober 2017 – Renungan Malam

142 Kali dibaca, Diterbitkan: 24 October 2017        


MINGGU XX SES. PENTAKOSTA
SELASA, 24 OKTOBER 2017
Renungan Malam
KJ.457 : 1,2 -Berdoa
AMIN, PUJILAH TUHAN

1 Tawarikh 16:34-36
Terpujilah TUHAN, Allah Israel, dari selama-lamanya sampai selama-lamanya. Maka seluruh umat mengatakan : “Amin! Pujilah TUHAN!” (ay.36)

Sebuah doa kadang-kadang berisi 3 hal. Pertama sebuah pendahuluan atau introduksi, kedua isi dan kutipan penutup. Bagian bacaan malam ini sudah jelas menggambarkan apa yang dilakukan oleh raja Daud dengan pengikut-penglkut pada saat itu. Mereka mengungkapkan segala rasa syukur karena telah dipimpln dan dilindungi Tuhan. Bahwa Tuhan begitu baik dan bahwa Tuhan begitu suci dan mulia. Tidak ada Tuhan selain Allah Israel yang berkuasa. llah-ilah dan dewa-dewa tidak memiliki kuasa apapun terhadap Israel dan itu diakui turun-temurun.

Pemerintah Allah pun diakui diatas pemerintah-pemerintah di dunia ini. Kepedulian Allah begitu besar dan telah memimpin mereka mulai dari nenek moyang Abraham, lshak dan Yakub sampai seluruh keturunan. Kepedulian Allah itu yang terpancar telah membantu bangsa Israel dan raja Daud mengalami kuasa-Nya tak terbanding, dan raja Daud sukses dalam pemerintahannya. Sebab itu doa syukur dinaikkan kepada Allah. Pengharapan seluruh bangsa dan raja ialah pemerintahan Daud berhasil dan umat pimpinannya mengalami kesejahteraan lahir dan batin. Sejarah mencatat semua itu ketlka mereka berseru dan mengaminkan dengan segala persembahan mereka.

Amin berani tetap demikian. Bahwa tetap demikian Allah itu yang berkuasa, yang kudus dan setia. Demikian demi Allah itu hadir tetap demikian Allah menyediakan segala kemungkinan bagi umat-Nya untuk hidup. Bahwa Allah berkenan selain memimpin, tetapi juga memperingati bangsa jika mereka keliru dalam menjalankan peraturan-peraturan dan Allah berkenan menyelamatkan bangsanya dari musuh-musuh mereka. Mari alami kasih setia Tuhan Allah kita dalam Tuhan Yesus Kristus yang menyertai kita sampai kesudahan alam. Amin, datanglah ya Tuhan Yesus.

KJ. 457 : 4,5
Doa : (Bapa kami yang di sorga mampukanlah kami untuk tetap setia kepada-Mu. Tetap setia menjunjung Engkau, menghormati serta mengamini kebaikan-Mu hari ini kekal sampai selamanya)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *