SELASA, 26 JUNI 2018 – Renungan Pagi

79 Kali dibaca, Diterbitkan: 26 June 2018        


 

SELASA, 26 JUNI 2018
Renungan Pagi

GB 219 : 1 – Berdoa

HATI-HATI KALAU MAU CURHAT

Matius 15:21-24
“‘Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: ‘Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita’.” (ay.22)

Curhat- curhatan sepertinya telah menjadi gaya hidup masa kini. Anak muda hingga orang tua sangat senang dengan kegiatan kumpul-kumpul untuk curhat bareng. Pada dasarnya, curhat (curahan hati) merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk meringankan beban seseorang akan masalah kehidupan yang sedang dialaminya. Curhat dapat menjadi salah satu upaya untuk menemukan jalan keluar atau sekadar saran agar dapat keluar dari permasalahan.

Seorang perempuan Kanaan datang mencurahkan isi hatinya kepada Yesus. Ia berseru memohon belas kasihan Yesus untuk menyembuhkan anak perempuannya yang menderita karena kerasukan setan (ay.22). Seruannya yang memanggil Yesus sebagai Tuhan dan Anak Daud, menunjukkan bahwa ia tahu betul siapa Yesus meskipun ia berasal dari kalangan orang yang dianggap kafir oleh orang-orang Yahudi. Ia tahu bahwa hanya Yesus tempat yang tepat untuk mencurahkan isi hatinya dan memohon pertolongan untuk menyembuhkan anaknya yang kerasukan.

Curhat Sesungguhnya adalah kegiatan positif karena tujuannya yang baik. Namun, curhat dapat menjadi awal dari hal negatif, jika kita tidak bijak memilih orang atau tempat curhat yang tepat. Saran yang praktis dan cepat namun salah, untuk melarikan diri dari permasalahan hidup biasanya adalah narkoba. Narkoba bisa menjadi jalan pintas pemberi kebebasan sesaat dari permasalahan hidup. Sebagaimana perempuan Kanaan yang barseru kepada Tuhan, kita pun diajak untuk datang dan menjadikan Tuhan sebagai tempat yang tepat untuk memberikan kekuatan bahkan mencari jalan keluar dari berbagai permasalahan kehidupan. Jalan keluar dari Tuhan, tidak melarikan diri kita dari permasalahan tetapi membebaskan kita darinya. Curhatlah dalam doamu kepada Tuhan bukan kepada narkoba, karena hanya di dalam Tuhan ada jalan keluar.

GB.219: 2
Doa : (Ya Tuhan Mahatahu, dengarlah seruan hati kami, perhatikanlah kami, kuatkanlah kami dan berilah jalan keluar terbaik atas segala persoalan hidup kami serta jauhkanlah kami dari hai-hal yang jahat, yang makin merusak hidup kami)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *