Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

SELASA, 28 AGUSTUS 2018 – Renungan Pagi

 

SELASA, 28 AGUSTUS 2018
Renungan Pagi

GB.327 ; 1,2 – Berdoa

JANGAN TAKUT

Kisah Para Rasul 27:14-26
Setelah beberapa hari lamanya baik matahari maupun bintang-bintang tidak kelihatan (ay. 20)

Dan ia berkata “Jangan takut, Paulus!… Sebab itu tabahkanlah hatimu, saudara-saudara!… Namun kita harus mendaparkan kapal ini…(ay. 24-26). Mundur selangkah tidak berarti kalah dalam sebuah pertarungan di ruang hidup yang penuh perjuangan. Ini yang terjadi dalam Paulus. Kapal yang ditumpanginya dihantam badai dahsyat yang disebut angin “Timur Laut” (ay.14). Perjalanan ke Roma sangat menegangkan karena berisiko tinggi jika dipaksakan, namun dalam kisah ini kita juga menyaksikan penyertaan Allah yang luar biasa bagi rasul-Nya yang setia melayani-Nya.

Perjalanan Paulus ke Roma bukan dalam rangka pekabaran Injil, melainkan perjalanan yang membawanya sebagai tawanan dengan beberapa narapidana yang akan diadili di Roma. Penjagaan super ketat tentu saja dilakukan oleh para petugas yang bertanggung jawab saat itu, namun karena cuaca yang ekstrim menyebabkan pelayaran mereka mengalami hambatan karena terpaan angin dan hantaman ombak. Sebelumnya Paulus sudah memberi peringatan (ay. 11-12) akan tetapi mereka tidak mengindahkan peringatannya dan kesukaran kini menjadi milik mereka (ay.21). Bahkan cuaca semakin buruk karena matahari dan bintang-bintang tak nampak juga selama beberapa hari, di tengah situasi yang semakin sulit. Sekali lagi Paulus berdiri dan berkata serta memberi semangat agar mereka tidak takut dan jangan kehilangan pengharapan hidup (ay.22). Semua itu dikatakannya karena ia percaya bahwa Allah berperkara atas hidupnya dan hidup mereka yang ada di sekelilingnya guna mendatangkan kebaikan bagi mereka terutama bagi mereka yang percaya kepada-Nya.

Melalui kisah ini kita belajar bagaimana menghadapi dan menyikapi badai kehidupan yang seringkali datang tanpa di duga dan sulit untuk dikendalikan. Dalam bacaan firman Tuhan ini kita diajarkan untuk tidak takut menghadapi badai hidup dan tabah berserah pada kuasa-Nya serta tetap semangat dalam menjalani hidup ini seberapa sulit hidup yang harus kita hadapi “Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita? Tidak ada yang dapat mengalahkan kuasa-Nya yang dinyatakan dalam hidup kita, Tuhan beserta kita senantiasa.

GB.327 : 3
Doa : (Tuhan Yesus tolong kami agar kami tidak takut menghadapi badai topan dalam hidup kami)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya