Selasa 28 Juli 2020 – Renungan Malam

40 Kali dibaca, Diterbitkan: 28 July 2020        


Minggu VII Sesudah Pentakosta

Rela Berbagi


♪ KJ. 240a : 1 – Berdoa

Yosua 20 : 1-9

Tuhan berfirman bahwa suku Lewi tidak mendapatkan bagian tanah pustaka seperti suku Israel lainnya (Yosua 13:33) karena Tuhan Allah sendiri yang menjadi pusaka bagi mereka. Namun demikian, Allah tetap memperhatikan kebutuhan hidup orang Lewi dengan jalan memberikan kota-kota tertentu dari kepunyaan suku-suku Israel menjadi kediaman mereka (lihat Bilangan 35:1-8).

Ayat 1 menyatakan bahwa setelah pembagian tanah selesai diberikan kepada 11 suku Israel di hadapan Tuhan, di depan pintu Kemah Pertemuan oleh imam Eleazar, Yosua dan kepala kaum keluarga, datanglah para kepala keluarga dari bani Lewi. Mereka juga menagih janji yang pernah diucapkan Tuhan kepada Musa untuk memberikan kota kediaman bagi mereka. Tiap suku Israel harus membagikan sebuah kota kepada bani Lewi. Ada 42 kota menjadi tempat kediaman bani Lewi yang tinggal di tengah-tengah kaum Israel ditambah 6 kota perlindungan beserta tanah untuk menggembalakan ternak mereka. Di ayat 3 tampaklah bahwa orang Israel rela membagikan sebagian milik pusakanya kepada orang Lewi sehingga mereka pun merasa diperhatikan dan dikasihi. Orang Israel dituntut untuk peduli kepada sesama saudara sebangsa sebagai bentuk ketaatan pada perintah Tuhan. Orang Kehat, Gerson dan Merari adalah tiga kaum mayoritas dari suku Lewi. Masing-masing mereka pun telah memperoleh bagiannya.

Renungan ini memberikan wawasan iman bagi kita bahwa hidup kita akan bermakna indah dan berbuah bila diisi dengan sifat empati dan sikap rela berbagi dengan sesama yang membutuhkan pertolongan. Tujuannya adalah agar mereka pun dapat melangsungkan hidup dalam kesejahteraan sebagaimana Allah memberkati kita. Bukankan tiap-tiap hari Tuhan kita peduli dan selalu mencukupkan keperluan hidup kita? Mari berbagi. Amin

♪ KJ. 424 : 1,2

Doa : (Ya Bapa, mampukan kami utuk menjadi pribadi yang rela berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Amin)

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *