SELASA, 30 JULI 2019 – Renungan Malam

29 Kali dibaca, Diterbitkan: 30 July 2019        


 

MINGGU VI SESUDAH PENTAKOSTA

KJ.342:1,2 – Berdoa

TUNJUKKAN BUKTI KASIHMU

2 Korintus 8:20-24
Karena itu tunjukkanlah kepada mereka di hadapan jemaat-jemaat bukti kasihmu dan bukti kemegahanku atas kamu. (ay.24)

Belakangan ini di beberapa daerah di Indonesia sering terjadi bencana alam : erupsi gunung berapi, gempa bumi dan tsunami, banjir bandang dan lain-lain. Peristiwa-peristiwa tersebut menimbulkan banyak korban jiwa dan harta benda. Mereka membutuhkan berbagai keperluan sehari-hari guna menunjang kehidupan selama berada di tenda-tenda atau tempat-tempat pengungsian. Sebagai sesama warga bangsa, warga GPIB pun ikut hadir, terlibat dan berkontribusi meringankan derita sesama. Jemaat-jemaat GPIB, melalui koordinasi Majelis Sinode dan Badan Pelaksana Mupel, dihimbau untuk mengumpulkan dana. Semua bantuan kemudian dikirim atau diantar langsung untuk didistribusikan kepada mereka yang membutuhkan. Inilah bentuk pelayanan kasih yang selalu dibuktikan warga jemaat GPIB; pribadi dan lembaga. Pelayanan kasih ini tidak hanya dilakukan secara insidentil kepada warga masyarakat yang terkena bencana. Tetapi juga kepada jemaat-jemaat GPIB di pos-pos pelayanan dan kesaksian (Pelkes). Itulah yang dilakukan dalam bulan Pelkes GPIB di bulan Juni yang lalu.

Bacaan kita menjelaskan bahwa pelayanan kasih yang dilakukan rawan dicela orang lain. Apalagi ketika mereka melihat ada oknum yang memanfaatkan pelayanan kasih untuk kepentingan diri sendiri. Itu sebabnya Paulus tidak mau pergi ke Korintus untuk mengumpulkan bantuan. Ia justru mengutus Titus dan para utusan jemaat yang terpuji dan telah teruji kejujurannya. Paulus menghimbau jemaat untuk menujukkan bukti kasih jemaat kepada Titus dan para utusan jemaat.

Kasih adalah tindakan yang harus dibuktikan; bukan hanya diucapkan. Mari tunjukkan bukti kasih kita kepada sesama. Usahakan agar pengumpulan dan pengantaran uang atau material kepada sesama dalam rangka pelayanan kasih, melibatkan utusan-utusan jemaat yang terpuji dan telah teruji kejujuran dan kesungguhan bekerja agar akhirnya Tuhan dimuliakan.

KJ. 342 : 3
Doa : (Tuhan, ingatkan kami untuk membuktikan kasih kepada sesama)

 


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *