Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Selasa, 5 Desember 2017 – Renungan Pagi

MINGGU ADVEN I
SELASA, 5 DESEMBER 2017

Renungan Pagi
GB. 118 : 1 – Berdoa

PERINGATAN PADA PEMIMPIN UMAT

Maleakhi 2:1-5
Perjanjian-Ku dengan dia pada satu pihak ialah kehidupan dan sejahtera dan itu Ku-berikan kepadanya – pada pihak lain ketakutan – dan ia takut kepada-Ku dan gentar terhadap nama-Ku. (ay. 5)

Tokoh gereja bernama Petrus Abelardus berkata, “Gereja yang kuat ditopang oleh kuasa Tuhan dan pekerjaan para pemimpinnya yang setia melayani umat-Nya.” Artinya suatu gereja tidak akan berkembang apabila tidak mengandalkan Tuhan dan memiliki para pemimpin yang taat dan dapat diteladani sebagai saksi Kristus.

Hal ini menjadi penekanan nabi Maleakhi saat menyoroti perilaku sejumlah imam di tengah kehidupan orang Israel. Mereka mengingatkan umat untuk tidak berbuat dosa, namun kenyataannya para imam itu yang justru melakukan banyak tindakan dosa. Kemunafikan mereka dikecam nabi Maleakhi sebagai tindakan yang tidak menghormati nama Tuhan dan bisa mendatangkan hukuman atas mereka. Dosa mereka membuat pelayanan yang dilakukan tidak membawa berkat dan berdampak pada pertumbuhan rohani bagi umat yang dilayani. Nabi Maleakhi mengingatkan kembali para imam akan tanggung jawab untuk meyatakan kebenaran firman Tuhan dalam tutur kata dan perbuatan sehari-hari sehingga umat dapat belajar dari teladan yang mereka berikan.

Peringatan nabi Maleakhi ini patut diperhatikan oleh para pelayan Tuhan masa kini bahwa para pelayan Tuhan dipanggil untuk menyatakan berkat Tuhan bagi dirinya sendiri dan umat. Tuhan meminta setiap pelayan Tuhan melakukan tugas pelayanan dengan baik dan tidak membiarkan dosa menguasai hidup mereka. Dosa bisa muncul dalam sikap cinta uang atau materi, mementingkan diri sendiri, suka mencari pujian, kesombongan dan lain-lain. Jika ini terjadi, sudah saatnya para pelayan Tuhan bertobat dan meninggalkannya. Jika tidak, pelayanan mereka tidak berbuah manis dalam kehidupan jemaat.

GB.118 : 2
Doa : (Ya Bapa, berkati para pemimpin umat agar dapat melakukan pelayanan dengan baik untuk kemuliaan Tuhan dan umat-Nya)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya