Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

SELASA, 6 NOVEMBER 2018 – Renungan Pagi

 

MINGGU XXIII SES. PENTAKOSTA

KJ.299 – Berdoa

HIDUP YANG MENGUCAP SYUKUR

Yesaya 12:1-3
“Aku mau bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, karena sungguhpun Engkau telah murka terhadap aku: tetapi murka-Mu telah surut dan Engkau menghibur aku” (ay.1)

Banyak orang memahami rasa syukur hanya karena Tuhan baik bagi hidup mereka. Dan cara Tuhan memperlihatkan kebaikan itu seperti yang mereka pikirkan, semua baik-baik saja, tidak ada masalah. Kalaupun ada masalah bisa diselesaikan secepat mungkin seperti membalikkan telapak tangan. Tidak banyak orang yang dapat menerima bahwa Tuhan baik, jika cara Tuhan bekerja untuk kebaikan umat-Nya tidak sesuai dengan keinginan diri. Jika tidak seperti yang diinginkan, maka itu bukan untuk kebaikan, padahal Tuhan dapat memakai cara apa saja dalam bertindak untuk kebaikan yang dikasihi-Nya.

Yesaya bersaksi bagaimana cara Tuhan memperiihatkan kebaikkan-Nya yang bisa saja berbeda dengan keinginan dan harapan umat-Nya. Tujuan dapat menjadi hal yang sangat penting bagi kebanyakan orang, dan proses untuk mencapai tujuan bukan menjadi sesuatu yang panting, sehingga orang dapat memakai cara apa saja untuk mencapai tujuan. Bahkan ada yang menolak berproses, tetapi langsung melompat pada tujuan. Ada yang mempunyai masalah daiam hidup, tidak mau menjalani proses penyelesaian masalah, tetapi maunya masalah langsung selesai, padahal ia tahu bahwa semua ada proses yang harus dilewati. Mengikuti cara Tuhan sekalipun berat, tetapi kemudian umat akan mengetahui tujuan akhir.

Umat Israel harus menjaiani masa-masa kelam dalam hidup mereka, karena dosa. Ketika mereka taat menjalani proses didikan Tuhan melalui pembuangan, mereka akan dipulihkan dan kembali hidup dalam kebaikan Tuhan. Yesaya bersaksi, “Aku bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, karena sungguhpun Engkau telah murka terhadap aku: tetapi murka-Mu telah surut dan Engkau menghibur aku.” Umat harus menjalani proses didikan Tuhan karena perbuatan mereka, tetapi ketika mereka berproses menerima bagian mereka dan setia sampai akhir, mereka dipulihkan. Maka umat akan memahami bahwa bukan hanya karena mereka sudah diselamatkan mereka bersyukur, tetapi karena mereka mau diubah dan dipulihkan Tuhan dengan menjalani proses, mereka tetap bersyukur.

KJ 299
Doa : (Ajar kami ya Tuhan untuk mempraktekkan kehidupan yang dipenuhi rasa syukur kepada-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya